Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Presiden Jokowi, Semester kedua 2024 pupuk subsidi akan ditambah 14 T, menunggu persetujuan DPR RI

ktnanasional – JAWA TENGAH, BANYUMAS.  Kunjungan Presiden Jokowi di Banyumas agaknya memberi harapan kepada lebih dari 50 ribu petani Jawa Tengah yang hadir di GOR Satria Purwokerto Selasa, 2 Januari 2024.

Pasalnya, Jokowi menjanjikan adanya tambahan pupuk subsidi di tahun 2024 kepada para petani.

“Saya itu kalau ke desa, ketemu petani, sejak tahun 2020 keluhan selalu satu, pupuk. Utamanya pupuk bersubsidi, benar?,” tanya Jokowi ke para petani.

Dalam kunjungan kerja bertajuk Pembinaan Petani Se Provinsi Jawa Tengah Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Nasional, ia menjelaskan sekilas tentang kondisi dunia saat ini. Jokowi mengatakan, saat ini dunia menghadapi ketidakpastian ekonomi.

Harga Pupuk Mahal dan Terbatas

Salah satu petani yang hadir pada kegiatan di GOR Satria Purwokerto Selasa siang ini mengaku bahwa pupuk yang ada saat ini masih kurang untuk tanaman yang ia tanam.

“Pupuknya sama, kantongnya sama, urea, tulisannya bersubsidi semua tapi harganya dua kali lipat. Bolehnya dapat 35 kilo, artinya tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman saya,” katanya kepada wartawan siang ini.

Jokowi, dalam sambutannya hari ini, menerangkan mengapa harga pupuk di Indonesia mahal. Ia mengatakan bahwa karena bahan baku pupuk yang diimpor dari Rusia dan Ukraina yang saat ini sedang mengalami krisis membuat harga pupuk melambung.

“Kalau belinya disana mahal, maka jualnya juga mahal,” katanya.

Subsidi Pupuk Ditambah Tahun 2024

Dalam kunjungannya di GOR Satria Purwokerto, Jokowi menjanjikan adanya tambahan pupuk bersubsidi untuk para petani di tahun 2024.

“Di tahun 2024 ini, saya sudah berbicara kepada Menteri Keuangan, agar subsidi pupuk ditambahkan senilai Rp14 triliun untuk menutup kekurangan pupuk yang ada di lapangan. Tetapi, pengajuan seperti ini harus mendapat persetujuan DPR,” jelasnya.

Jokowi juga mengaku telah berkoordinasi dengan Direktur Pupuk Indonesia. “Sangat siap untuk pupuk bersubsidi. Sangat siap,” kata Jokowi.

“Saat ini (semester 1 tahun 2024), saya sudah tanya langsung ke Pak Direktur. Ada 1,7 juta ton pupuk, yang bersubsidi 1,2 juta ton, yang tidak bersubsidi 500 ribu ton,” jelasnya. (mh/admin)

5 KOMENTAR

  1. Sy berharap yg d janjikan Bpk presiden itu betul” menjadi kenyataan,tdk hanya sebatas kabar yg menggembirakan petani pd saat mendengarkan janjinya…

  2. 3 Tuntutan petani itu meliputi : 1. Kebutuhan pupuk bersubsidi supaya terpenuhi sesuai usulan eRdkk tahun 2024. 2. Harga Patatokan Pemerintah ( HPP) Gabah petani sebesar Rp.6000/Kg (Gabah Kering Pungut) , 3. Membatasi impor bras.

  3. Gimana mau naik jatah pupuk nya, alokasi musim tanam 2024 di Indramayu malahan turun dari tahun sebelumnya, yang dulu nya dapat 262 kg /ha urea per musim tanam sekarang cuma 145,5 kg / ha, gimana cukup

  4. Demi ketahanan pangan Untuk petani di mohon di prioritaskan .karena pupuk penunjang produksi hasil pertanian hasil pertanian..akan menunjang kesejahteraan ….

  5. Demi menjaga ketahanan pangan ..petani harus di prioritaskan apabila proses produksi berjalan lancar maka hasil produksi melimpah maka akan meningkatkan kesejahteraan ..masarakat nusa bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga