Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Presiden Of  Jepang International Cooperation Agency (JICA) berkunjung ke Sentani

ktnanasional – JAYAPURA. Rangkaian lawatan Presiden Of  Jepang International Cooperation Agency (JICA) di Provinsi Papua meninjau Kelompok Tani Wanita Wali Yauw di Sentani Kabupaten Jayapura yang merupakan salah satu Kelompok Tani dibawah binaan Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura serta asosiasi Persahabatan Papua – Yamagata (31/10).

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Samuel Siriwa mewakili Penjabat Gubernur Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM dan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam sambutan sangat mengapresiasi atas kunjungan Presiden Of Jica untuk melihat langsung pengembangan kebun sayur Kelompuk Tani Wanita Wali Yauw ini. Kita bersama  bisa melihat sayur yang tumbuh dengan baik dan subur dengan dukungan pupuk alami ditempat ini tandasnya,   dan Siriwa berharap teknik pengelolaan yang ada pada kelompok tani yang luasanya 1 Hektar ini,  bisa menginpirasi kelompok tani lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura ataupun di Provinsi Papua pada umumnya.

Presiden Of JICA Dr. Akhiko Tanaka, pada kesempatan yang sama  memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua, Kabupaten Jayapura, Petani dan Penyuluh  serta masyarakat atas penyambutan kunjungannya di Provinsi Papua. Disamping itu Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat pada Proyek yang dilaksanakan oleh Asosiasi Persahabatan Papua-Yamagata di Kelompok Tani Wani Yauw ini,  dan berharap secara khusus kepada Petani ataupun penyuluh yang telah mendapatkan kesempatan untuk magang di Prefektur Yamagata-Jepang dapat terus mengembangkan keterampilannya serta menularkan keterampilannya kepada Petani lainnya. Pada akhir sambutannya Tanaka menyatakan  bahwa dengan banyaknya Alumni Yamagata yang hadir pada acara ini, dan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia khususnya Provinsi Papua adalah bagian mewujudkan visi JICA untuk “Leading Words With Trust” atau “Memimpin Dunia Dengan Kepercayaan”, pungkasnya

Kunjungan Presiden Of JICA dan Rombongan di Kelompok Tani Wanita Wani Yauw didampingi oleh para Pejabat Teknis Pemerintah Provinsi  Papua dan Kabupaten Jayapura,  Alumni Yamagata- Papua  yang dimeriahkan dengan Tarian Adat Sentani dan Pengenaan Baju Batik Papua secara  khusus kepada Dr. Akhiko Tanaka serta dijamu dengan makanan tradisional Sentani-Papua: Papeda, ikan gabus goreng, tumis ulat sagu dan lainnya, berjalan sangat akrab, penuh kehangatan dan kekeluargaan. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga