Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Presiden Setujui Usulan Gubernur Sulut Untuk Menambah Lahan Perkebunan Bagi Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

ktnanasional – SULAWESI UTARA, MANADO. Warga terdampak akibat letusan Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro terus mendapatkan perhatian serius baik dari Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Daerah.

Dimana diketahui, Gubernur Sulawesi Utara Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE memberikan usulan kepada pemerintah pusat agar menambah lahan pertanian bagi 301 Kepala Keluarga korban terdampak erupsi Gunung Ruang yang akan direlokasi.

Dan usulan dari Gubernur Sulut tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur Olly menjelaskan kepada Jokowi bahwa dampak erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro mengakibatkan 833 jiwa di dua desa Pulau Ruang yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente harus dievakuasi.

“Memohon karena selain semua rumah mereka rusak, kebun mereka juga habis pak. Kalau bisa ada tambahan lahan perkebunan bagi 301 keluarga ini pak,” ujar Gubernur Olly kepada Presiden Jokowi melalui video conference, Jumat (3/5/2024).

Dan, tanpa pertimbangan, Jokowi menyetujui usulan dan permohonan Olly. Dikatakannya penambahan lahan satu hektar per Kepala Keluarga adalah kebutuhan paling mendasar untuk memulihkan perekonomian mereka.

“Bisa jadi apa yang disampaikan gubernur, saya kira setuju ada tambahan lahan untuk pertanian atau perkebunan. Saya kira ini penting sekali berkaitan dengan kegiatan dan pekerjaan mereka,” kata Jokowi.

Sebelumnya pada Jumat (3/5/2024) pagi, Olly bersama pihak BNPB RI dan Forkopimda Sulawesi Utara meninjau langsung Posko Terpadu berlokasi di Desa Apeng Sala, Kecamatan Tagulandang.

Sebanyak 156 jiwa yang terbagi Desa Laingpatehi 18 Kepala Keluarga atau 57 jiwa dan Desa Paumpente 36 Kepala Keluarga atau 99 jiwa masih bertahan di lokasi Posko Terpadu buatan pemerintah tersebut.

Di hadapan para pengungsi asal Pulau Ruang, Gubernur Olly mengatakan bakal mengusulkan lahan pertanian di lokasi relokasi nanti. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga