Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

Program READSI Angkat Kinerja KWT di Luwu Timur

ktnanasional.com – SULAWESI SELATAN, LUWU TIMUR. Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling-up Initiative (READSI) Kementerian Pertanian di Kabupaten Luwu Timur kini mulai menunjukkan trend positif dalam pemberdayaan petani. Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Delima Hati di Desa Watangpanua, Kecamatan Angkona yang mampu memproduksi abon ikan gabus dan permen cokelat.

Kegiatan ini tidak lepas dari peran pendampingan Program READSI di KWT tersebut. Fasilitator Desa Program Readsi Desa Watangpanua, Surahman mengatakan, KWT Delima Hati telah menerima manfaat bantuan alsintan Tahun 2021. Alsintan tersebut didapatkan dengan mekanisme dari program READSI sebesar 70 persen dan 30 persennya dari kas kelompok. “Pada Tahun 2021 jenis alsintan yang diusulkan KWT Delima Hati merupakan alat dan mesin untuk home industri,” katanya.

Surahman mengatakan, KWT Delima Hati binaannya ini akan mengikuti pameran tingkat kabupaten yang dilaksanakan Team Penggerak PKK.  “Saya berharap, ke depan kelompok yang dibinanya ini dapat semakin maju lagi, sehingga apa yang telah saya kerjakan selama menjadi Fasilitator Desa program READSI dapat memberikan manfaat untuk petani, ” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Luwu Timur, Saenab sangat mengapresiasi kegiatan dari KWT Delima Hati ini. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat terus jalan dan semakin berkembang lagi,” ujarnya. Sebagai wujud dukungannya Saenab pun membeli 5 Bungkus masing-masing produk yang di buat KWT Delima Hati tersebut.

Sejalan dengan itu, Rahmatullah Azis, Manager READSI Kabupaten Luwu Timur pun sangat mendukung kegiatan KWT Delima Hati binaan READSI ini. Ia pun berharap kedepannya KWT Delima Hati ini dapat mematenkan nama produknya sendiri, sehingga lebih di kenal dan diterima masyarakat secara luas. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga