Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Puluhan Nelayan dan Petani Asal Bangka Selatan Diberangkatkan ke Padang

ktnanasional.com – BABEL Bangka Selatan.  Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi saat memberikan selamat kepada para Kontingen KTNA di Halaman Kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (5/6/2023). Terdapat 60 orang kontingen asal Bangka Selatan yang bakal mengikuti ajang Penas di Padang, Sumatera Barat.

Puluhan  petani dan  nelayan di Kabupaten  Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dilepas untuk mengikuti Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023.

Kegiatan tersebut rencananya bakal berlangsung pada 10-15 Juni 2023 di  Padang, Sumatera Barat.

Wakil Bupati  Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan terdapat 60 orang kontingen yang dilepas untuk mengikuti ajang PENAS bersama daerah lain.

Dari jumlah itu sebanyak 42 orang di antaranya merupakan kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan ( KTNA). Sedangkan 18 orang lainnya merupakan pendamping.

“Seluruh kontingen  KTNA Kabupaten  Bangka Selatan berjumlah 60 orang, dimana 42 orang adalah anggota  KTNA dan 18 orang pendamping,” kata Debby kepada Bangkapos.com usai pelepasan kontingen di halaman Kantor Bupati  Bangka Selatan, Senin (5/6/2023).

Debby memaparkan, ajang kalangan  petani dan  nelayan itu merupakan tingkat nasional. Oleh karena itu ia meminta kepada seluruh peserta dan pendamping selama mengikuti ajang PENAS 2023, agar senantiasa menjaga nama baik Kabupaten  Bangka Selatan.

Sudah seharusnya sebagai perwakilan daerah, mereka mampu menunjukkan karakter dan attitude atau sikap yang menggambarkan daerah asal.

Maka dari itu, anggota  KTNA yang mengikuti ajang tersebut harus memiliki wawasan yang luas terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten  Bangka Selatan.

Hal ini agar mampu menjelaskan kepada para pengunjung yang akan datang di Stand  KTNA  Bangka Selatan. Begitu pula pada kegiatan lain harus mampu berkompetisi dengan para  petani dari daerah lainnya.

“Kalian semua adalah perwakilan  Bangka Selatan, jaga etika, jaga marwah, jaga nama baik  Bangka Selatan,” paparnya.

Kata Wabup di samping ajang perlombaan Pekan Nasional  KTNA merupakan forum pertemuan para  KTNA dari seluruh perwakilan provinsi di Indonesia. Ini menjadi ajang sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani dengan pemerintah dan seluruh stakeholder atau pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan para peserta bisa saling berbagi informasi, teknologi, dan fasilitasi kemitraan di jejaring agribisnis, serta dalam kegiatan ekonomi dan kemitraan usaha. Mengingat pentingnya Pekan Nasional  KTNA ini, ia pun meminta pada seluruh peserta kontingen  Bangka Selatan agar bersungguh-sungguh dalam mengikut seluruh rangkaian kegiatan.

“Ikuti kegiatannya dengan baik dengan sangat-sangat maksimal,” ucap dia.

Kendati demikian kata Debby, sejumlah agenda pada kegiatan Penas 2023 akan dilaksanakan, seperti rembuk utama, temu profesi, temu  petani ASEAN dan mitra, hingga temu sukses  petani dan penyuluh.

Diharapkan para kontingen dapat memetik ilmu sebanyak-banyaknya kemudian kembali di kampung dan berbagi ilmu tersebut kepada  petani lainnya. Jangan sampai di sana hanya dimanfaatkan untuk jalan-jalan yang tidak bermanfaat.

Imbasnya apa yang diperoleh dalam kegiatan itu, baik pengetahuan maupun keterampilan dan lain-lain, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas di  Bangka Selatan. Dengan rajin menggali informasi maupun teknologi terkini seputar pertanian ikan dan  nelayan agar bisa dibagikan dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan para  nelayan.

“Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan  petani dan  nelayan,” pungkas Debby. (*)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga