Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Puluhan Ton Tuna dan Cakalang Beku Asal Bacan Siap Penuhi Pasokan Ibu Kota, Karantina Fasilitasi Pengirimannya

ktnanasional – MALUKU UTARA, PULAU BACAN. Potensi perikanan terbesar di Indonesia Timur, salah satunya berada di Pulau Bacan yang kerap kali memasok komoditas perikanan ke berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, Pulau Bacan yang terkenal dengan kekayaan sumber daya lautnya, memenuhi permintaan ikan di ibu kota.

Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku Utara (Karantina Maluku Utara) melalui Satuan Pelayanan Bacan memfasilitasi pengiriman komoditas perikanan berupa 17,3 Ton Tuna Beku dan 66,8 ton Cakalang Beku tujuan Jakarta.

Komoditas tersebut akan dilalulintaskan melalui KM. Prakarsa Mas melalui Pelabuhan Babang Bacan. Sebelum di lalulintaskan, Pejabat Karantina yang bertugas melakukan pemeriksaan organoleptik dan kelengkapan dokumen karantina terhadap komoditas perikanan tersebut.

Secara terpisah, Kepala Karantina Maluku Utara Willy Indra Yunan menegaskan pentingnya menjaga standar kualitas dan keamanan pangan dalam rantai distribusi perikanan.

“Proses tindakan karantina menjadi langkah penting untuk menjaga kualitas dan keamanan produk perikanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Willy menjelaskan bahwa komoditas tersebut telah melalui pemeriksaan karantina dan dinyatakan bebas dari Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK).

Diharapkan bahwa pasokan ikan tuna dan cakalang beku ini tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen di Jakarta, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang berkelanjutan bagi nelayan lokal. (admin)

artikel ini telah tayang di publikmalutnews.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga