Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

RAKERDA HPDKI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

ktnanasional.com – KALTIM Sangatta. HPDKI adalah Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia, organisasi ini sudah tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Organisasi yang diharapkan dapat menjadi pemersatu seluruh komponen peternak yang meliputi peternak rakyat, pengusaha peternakan serta pengusaha pengolahan hasil ternak.

Setelah terbentuknya kepengurusan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Hotel Platinum Balikpapan pada 15 November 2022, pengurus terpilih untuk periode 2022 – 2027 berdasarkan SK DPP HPDKI Nomor 008/SK/DPP-HPDKI/XII/2022 segera melakukan langkah-langkah strategis.

Langkah awal yang dilakukan adalah melaksanakan Rakerda HPDKI Kaltim. Rakerda pertama ini dilaksanakan di Wisma Embek Sangatta pada tanggal 16-17 Desember 2022. Rakerda ini sendiri dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur dan juga bersinergi dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) PAMA Banua Etam. Serta perwakilan dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Kutai Kartaengara, Kota Balikpapan dan Samarinda.

Adung KS Utomo Sekretaris HPDKI Kaltim

Disampaikan oleh Sekretaris DPD HPDKI Kaltim Adung KS Utomo, ada beberapa agenda yang dirumuskan dalam Rakerda tersebut, diantaranya adalah mendorong masing-masing Kabupaten Kota untuk segera membentuk DPC-DPC agar koordinasi antar wilayah bisa lebih mudah dilakukan.

Selain itu HPDKI juga akan meminta kepada Pemerintah Daerah Kalimantan Timur agar bisa mengevaluasi terkait dengan SK Gubernur Kaltim  Nomor 520/K-509/2020 tentang PELARANGAN PEMASUKAN TERNAK DOMBA KE WILAYAH KALIMANTAN TIMUR. Hal tersebut perlu kami lakukan melihat begitu besarnya kebutuhan akan domba kambing di wilayah Kaltim yang saat ini pemenuhanya banyak di suplai dari luar Kaltim.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), terus berupaya mengoptimalkan peran strategis pengembangan peternakan domba dan kambing. Ditjen PKH akan bekerja sama dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI). Untuk  mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas masyarakat serta kemandirian pangan, komoditas domba dan kambing merupakan ruang ekonomi rakyat yang strategis untuk dikembangkan.

Pemerintah telah menetapkan 10 rumpun atau galur domba seperti domba garut, priangan, dorper, dan kompas agrinak. Sedangkan di kambing, pemerintah telah menetapkan 9 rumpun atau galur seperti kaligesing, kacang, peranakan etawa, senduro, saburai, dan boer.

“Dan kami dari DPD HPDKI Kaltim berkomitmen untuk ikut mendukung ketersediaan akan kebutuhan daging yang pasti akan meningkat tajam seiring dengan terealisasinya IKN di Kalimantan Timur”, Adung menegaskan. (admin)

spot_img

1 KOMENTAR

  1. Mohon info Kontak Ketua HPDKI-nya, Pak/Bu…

    Saya Jusman dari Cilacap. Kami sudah banyak mengimpor Bihit Domba Unggul Dorper.
    Mungkin kami bisa kerjasama atau investasi di Kalimantan Timur…

    Terima kasih atas bantuannya.

    Jusman
    081245490431

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga