Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Rapat Koordinasi Penas Petani Nelayan XVI di Padang, Peserta Membayar Sesuai Jumlah Hari Menginap Di Pemondokan

ktnanasional.com – SUMBAR Padang.  Dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Penas Petani Nelayan XVI yang akan berlangsung tanggal 10 – 15 Juni 2023, Panitia penyelenggara dan Panitia Pelaksana Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang mengadakan Rapat Koordinasi di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Jl. Jenderal Sudirman No. 50 Kota Padang Sumatera Barat.

Rakor berlangsung tanggal 17 – 18 Mei 2023, dihadiri baik dari panitia Penyelenggara (pusat) maupun Panitia pelaksana (daerah). Rakor kali ini lebih menekankan pada kegiatan setiap seksi kegiatan yang masih mengalami kendala atau hambatan. Hadir Sekdaprov Sumatera barat Hansastri yang memberikan sambutan selamat datang kepada semua peserta Rapat.

Kepala Badan PPSDMP Kementan RI, Dedi Nursyamsi memberikan arahan secara umum kepada seluruh panitia yang hadir pada saat itu, pada kesempatan itu Kabadan menyampaikan progress perkembangan persiapan Penyelenggaraan PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2023. Dedi memberi penekanan terutama pada persiapan lokasi Geltek, karena ini merupakan showroom nya Penas XVI.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Bustanul Arifin Caya sebagai moderator memberi pengantar, rakor kali ini selain paparan dari Ketua Umum KTNA Nasional juga dari Asisten Dua (Asda) Provinsi Sumatera Barat dan Asda Kota Padang yang akan menyampaikan kesiapan pemerintah Sumatera Barat menghadapi Penas XVI. Selanjutnya  masing masing Bidang akan menyampaikan progress yang sudah dicapai. Dan hari kedua akan dilakukan kunjungan lapangan.

Ketua umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor mendpat giliran ketiga dalam paparannya, mengingatkan kembali logo dari Penas Petani Nelayan XVI tahun 2023. Lebih lanjut Sofyan menjelaskan tema dari Penas kali ini :

“Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Sofyan merasa perlu untuk mengingatkan kembali Tema Penas, katena ini yang menjadi acuan dalam membuat kegiatan kegiatan di Penas XVI tahun 2023. Untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tentunya perlu kerja keras dan kolaborasi antara KTNA dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian.

Secara umum Asda Provinsi Sumbar Wardarusmen dan Didi Aryadi sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan kota Padang menyampaikan progress dan yang sudah dicapai. Jumlah peserta yang akan menginap di pemondokan menjadi bahasan utama, mengingat sampai rakor kali ini dilaksanakan, data jumlah peserta yang akan datang ke kota Padang belum final.

Kondisi ini membuat Dedi Nursyamsi mengambil inisiatif untuk pada malam harinya mengadakan pertemuan via zoom meeting dengan menundang seluruh kepala Dinas Provinsi dan pengurus KTNA nya untuk langsung memberikan lapooran jumlah peserta yang akan datang ke kota padang. Satu paersatu Dedi menyapa peserta rapat yang hadir. Pengumpulan data lebih ditekankan pada peserta yang akan menginap di pemondokan. Pendataan peserta saat zoom meeting di pandu oleh Asda kota Padang Didi Aryadi di bantu oleh Dinas Pertanian Kota Padang.

Belum semua Provinsi dapat memberikan data jumlah peserta, selain juga beberapa provinsi yang tidak dapat menghadiri zoom meeting malam itu. Hingga selesai data peserta yang akan menginap di pemondokan jumlahnya mendekati angka 13.000 peserta.

Adanya informasi yang simpang siur, peserta harus membayar full 7 hari di pemondokan meskipun tidak tanggal selama itu di pemondokan menjadi kendala bagi peserta yang tidak bisa hadir penuh selama pelaksanaan penas. Tetapi hal tersebut telah dibantah oleh Didi Aryadi sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan kota Padang. Peserta hanya membayar sejumlah hari menginap di pemondokan, tetapi semua itu harus diberitahukan kepada pemilik pemondokan. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga