Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Ratusan Hektar Kawasan Budi Daya Ikan Kota Pasuruan Menyusut

ktnanasional.com – PASURUAN, Ratusan hektar kawasan budi daya ikan di Kota Pasuruan menyusut. Ini dampak dari perubahan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pasuruan Nomor 1 Tahun 2022.

Dalam Perda tersebut, kawasan budidaya ikan yang semula memiliki luasan 600 hektar menyusut menjadi 143 hektar. Ratusan hektar yang berubah fungsi itu nantinya digunakan menjadi kawasan industri.

Tetapi, Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Mualif Arief mengatakan dia tetap akan optimis. Meski lahan menyusut, Pihaknya akan terus mengembangkan dan meningkatkan sektor perikanan Kota Pasuruan.

“Sudah diatur di Perda dan kawasan budidaya perikanan diarsir dengan warna biru pucat. Letaknya di sisi utara berdempetan dengan wilayah Kabupaten Pasuruan,” kata Mualif.

Mualif menjelaskan, ke depan Kota Pasuruan akan dijadikan kota perdagangan dan jasa. Sehingga sudah sewajarnya jika kawasan budi daya juga dialihfungsikan menjadi kawasan industri.

Diketahui saat ini kawasan budi daya perikanan ada di wilayah utara dan tersebar di enam kelurahan. Yakni Kelurahan Gadingrejo, Tambaan, Panggungrejo, Tapaan, Kepel, dan Blandongan.

Namun, dirinya akan terus berusaha mengingat saat ini Kota Pasuruan membranding diri sebagai penghasil bandeng jalak. Mengingat bandeng jalak sendiri merupakan produk asli lingkungan Jelakrejo, Kelurahan Blandongan.

“Nanti kita akan pakai pendekatan dengan cara pariwisata. Produk perikanan budi daya seperti bandeng jelak dikemas sedemikian rupa agar lebih menarik dan bisa merambah pasar yang lebih luas,” sambungnya.

Perlu diketahui pada kurun waktu satu tahun belakangan yakni tahun 2021 hingga 2022 produksi budi daya ikan meningkat. Pada tahun 2021 produksi ikan air payau dan air tawar mencapai 2.190 ton lalu di tahun 2022 mencapai 2.239 ton. (admin)

Artikel telah tayang di beritajatim.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga