Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Ratusan Ribu Hektar Lahan Pertanian di Jawa Barat Hilang, Wagub Uu Ruzhanul Ulum Minta Petani Tak Jual Sawah

ktnanasional.com – JAWABARAT, CIREBON. Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyayangkan lahan pertanian di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Cirebon, banyak disulap perumahan hingga pabrik.

Hal tersebut disampaikan Uu saat kegiatan Farmer Field Day (Hari Temu Lapang Petani) Scalling Up 50 hektar pada Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (Simurp) di Desa Pasuruan, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa, 8 Agustus 2023.

Guna mempertahankan lahan hijau di Jawa Barat, Uu meminta petani di Kabupaten Cirebon tidak tergiur tawaran makelar-makelar tanah.

“Meskipun dengan harga yang tinggi untuk menjual tanah pertanian, jangan jual tanah lahan tani khususnya kepada makelar,” pintanya.

Dia menyebut, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir lahan pertanian di Jawa Barat berkurang dari 1,2 juta hektar menjadi 900.000 hektar.

Wagub Uu mengajak para petani agar lebih berpikir secara rasional sebab setelah menjual lahan pertanian di Jawa Barat.

Saat lahan pertanian beralih tangan, para petani hanya diberi penguasaan pemanfaatan lahan, sebelum kemudian lahan itu dibangun.

“Padahal, jelas kalau petani sudah menjual tanahnya tidak akan kembali lagi. Yang ada, para petani nantinya hanya sekedar menjadi buruh tani saja,” paparnya.

Masih dikatakan Uu, untuk mengantisipasi berkurangnya lahan pertanian di Indonesia, saat ini pemerintah masif menyosialisasikan peraturan daerah (perda) ihwal lahan abadi.

“Memang sudah ada beberapa kabupaten yang memiliki perda ini,” ucapnya.

Namun, diakui Uu, berkurangnya lahan pertanian di Jawa Barat disebabkan minimnya pengawasan, baik dari pemerintah maupun masyarakat, hingga menyebabkan 200.000 hektar lahan hilang dalam beberapa tahun terakhir.

“Akan tetapi terkadang masih kurangnya pengawasan, makanya saya meminta semua pihak untuk bersama-sama mengawasinya,” tegasnya. (admin)

Artikel telah tayang di ayocirebon.com

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga