Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

REMBUG DAN PEMBENTUKAN KOPERASI KTNA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

ktnanasional – BANGKA BELITUNG. PANGKAL PINANG. Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan acara “Rembug dan Pembentukan Koperasi KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” Di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Romdhoni, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi yang diwakili (Yulita) selaku jabatan fungsional pengawas koperasi dan 45 orang pengurus dan anggota KTNA provinsi serta tamu undangan yang berhadir.

Pada sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Edi Romdhoni) sekaligus pembina KTNA Provinsi mengatakan sumbangsih kita untuk Bangka Belitung pada sektor pertanian, salah satu caranya dengan Koperasi KTNA. Memajukan kesejahteraan anggota dan perekonomian. Bisnis apa di bidang pertanian yang menjanjikan dan bisa dikembangkan ”

Agenda utama pada kegiatan ini adalah tindaklanjut rencana pembentukan koperasi KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah diinisiasi oleh Ketua KTNA. Dinas Koperasi dan UKM menyampaikan prinsip-prinsip koperasi, fungsi dan peranannya, permodalan koperasi, dan syarat serta tata cara pendirian koperasi.
“Saya sangat mengapresiasi rencana pembentukan Koperasi KTNA ini. Kita harus paham mengenai apa itu Koperasi, prinsipnya, permodalan dan cara pembentukannnya terutama usaha apa yang ingin kita buat agar Koperasi ini berjalan berkelanjutan dan memberikan manfaat untuk anggota. Sektor pertanian ini sangat menjanjikan” Kata Yulita.

Tentunya, momentum ini menjadi langkah kongkret seluruh anggota untuk merealisasikan koperasi KTNA Provinsi secepatnya. Peran aktif seluruh anggota KTNA sangat diharapkan dan pendampingan Dinas Koperasi dan UKM melalui Petugas Penyuluh Koperaai Lapangan (PPKL).

Plt Ketua KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Gunawan) menyatakan koperasi KTNA ini akan bergerak pasa sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Bentuk Koperasi produksi, penyedia bahan baku dan memproduksi jenis produk tertentu.

Momentum ini juga membahas mengenai pergantian Plt Ketua KTNA Pergantian Paruh Waktu (PAW) pasca wafatnya Ketua KTNA Provinsi Bangka Belitung (Jawarno). Diskusi setiap anggota disampaikan untuk kestabilan dan kemajuan organisasi kedepannya, serta pemaparan laporan kegiatan tahun 2021 – 2023 yg telah dilaksanakan.

Selanjutnya, acara ini ditutup dengan sesi diskusi persiapan pelaksanaan pameran Expo KTNA di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali yang diwacakan pada tanggal 26-29 Juli 2024. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga