Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Rembug Madya KTNA DKI Jakarta, Menuju PENAS XVI 2023

ktnanasional.com – DKI Jakarta Utara.  Dengan mengambil tempat di Mangrove Ecotourism Center Pantai Indah Kapuk, KTNA provinsi DKI menggelar Rembug Madya dengan mengusung bahasan Persiapan Penas KTNA XVI 2023 Padang Sumatera Barat 10-15 Juni 2023. Rembug dipimpin langsung ketua KTNA DKI Syachruna Fauzi FK, dihadiri seluruh ketua KTNA kabupaten dan kota se DKI Jakarta dan pengurus provinsi.

 

“Untuk kuota peserta Penas kontingen DKI diserahkan ke masing masing ketua KTNA kota dan kabupaten administratif. Sampai saat ini DKI sudah mendapatkan kuota 150 orang”, kata Fauzi dalam sambutannya. Tahun 2019 sudah diusulkan sebanyak 300 peserta, dan sudah disetujui pemerintah provinsi pada saat itu. Tapi hari ini untuk sementara berpedoman pada angka kuota 150 yang 120 dibagi untuk kab kota se DKI. Untuk itu setiap pengurus kabupaten kota supaya segera mendata pesertanya untuk di kumpulkan ke provinsi.

 

Suparno Nojeng ketua KTNA Jakarta Timur mengusulkan untuk penambahan kuota peserta PENAS, dengan sesegera mungkin berkordinasi kepada Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) di masing masing wilayahnya. “Segera menghadap Kasudin KPKP untuk Kordinasi, supaya bisa ditambah kalau memang bisa ditambah kuotanya”, imbuh Tri Herwanto, Ketua KTNA Jakarta Pusat.

 

Menghadiri undangan non formal dari KTNA DKI Jakarta untuk berwisata di Mangrove Ecotourism Center Pantai Indah Kapuk, hadir Ketua Umum KTNA Nasional H.M. Yadi Sofyan Noor didamping Sekjen H. Kusyanto dan Bendahara Umum H. Ruslim. Ketum dan rombongan di dapuk (didaulat) untuk menyampaikan pencerahan perihal KTNA.

 

Setelah menguraikan tentang PENAS, Ketum mengingatkan pengurus KTNA yang menjadi panitia di PENAS XVI untuk serius bekerja. Saat ini pengurus KTNA sangat beragam, tidak melulu petani atau nelayan murni. Banyak pejabat eksekutif dan legeslatif bahkan pengusaha yang menjadi ketua dan pengurus.

 

Pengurus KTNA harus dekat dengan dinas dan pejabat di wilayahnya masing masing. Bagaimana seharusnya menjadi pemimpin di KTNA, jangan pernah merasa hebat, karena masih banyak orang hebat di luar KTNA. Diibaratkan sebagai penumpang, pengurus KTNA ada yang naik ataupun turun pada sebuah kapal besar yang terus berlayar. “Sebagai sebuah organisasi besar KTNA secara organisasi dijalankan secara kolektif bukan orang per orang”, kata Sofyan.

Sementara H. Kusyanto Sekjen KTNA Nasional memuji produk olahan yang berkualitas dari KTNA se DKI, perlu di promosikan pada saat PENAS. Ini kesempatan untuk KTNA DKI mempromosikan produk olahan. “Manfaatkan benar Penas untuk mempromosikan produk”, kata Kusyanto.

 

Menjawab pertanyaan dan masukan Rizal dari DPM/DPA DKI Jakarta, menyangkut tentang regenerasi petani yang dibentuk kementerian, supaya bisa diakomodir di KTNA. Rizal berharap supaya DPM/DPA ditonjolkan di PENAS Padang. Karena tongkat estapet di KTNA tentunya ada di tangan pemuda tani yang saat ini bergabung di DPM dan DPA. Disampaikan oleh Sekjen KTNA Nasional perekrutan pengurus di kelompok KTNA lewat kelompok tani, perekrutan pengurus KTNA dilakukan secara berjenjang.

 

”KTNA ingin DPM dan DPA bisa menjadi kader di KTNA. Saat ini sudah ada yang menjadi pengurus di tingkat nasional. Di PENAS sudah di fasilitasi untuk melakukan pertemuan dan kegiatan dan itu sudah ada di dalam JUKLAK PENAS”, kata Kusyanto.

Rembug dihadiri lengkap ketua KTNA dari lima kota administratif dan satu kabupaten administratif se DKI. Kabupaten Pulau Seribu hadir ketua nya Edi Mulyono, Ketua KTNA Jakarta Utara Asiqin Nanto, Jakarta Barat Asep Syarifudin, Jakarta Timur Suparno Nojeng, Jakarta Selatan Sakinah Sapon dan Jakarta Pusat Tri Herwanto. Semua yang hadir didampingi pengurus masing masing. “Satu hal yang menjadi ciri khas pertemuan KTNA DKI setiap ada pertemuan masing masing membawa produk olahan dan juga hasil panen nya untuk dinikmati bersama, jangan lupa bawa tentengan”, kata Karnadi, Humas KTNA DKI. (mh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga