Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

REMBUG MADYA KTNA PROVINSI RIAU, PERSIAPAN MENUJU PENAS XVI PADANG

ktnanasional.com – RIAU Pekanbaru. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau melaksanakan Rembug Madya di UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Riau (13/12/22). Kegiatan ini bertujuan untuk membahas persiapan Pekan Nasional dan evaluasi kebijakan/program kerja, serta keputusan-keputusan KTNA Provinsi Riau.

Rembug Madya ini dihadiri oleh Pengurus KTNA Nasional, Pengurus KTNA Provinsi Riau, KTNA Kab/Kota se-Provinsi Riau, tamu undangan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Riau, serta Dinas terkait yang membidangi penyuluhan kabupaten/kota se-Riau.

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal KTNA Nasional H. Kusyanto, dalam kesempatan ini Sekjen Kelompok KTNA Nasional menjadi narasumber terkait Pedoman Penyelenggaraan Pekan Nasional Tani Nelayan ke XVI di Sumatera Barat.

Ketua Kelompok KTNA Provinsi Riau Drs. H. Yusri, M.Si., dalam sambutan menyampaikan agar Kelompok KTNA yang telah berakhir masa kepengurusannya agar segera melaksanakan Rembug Paripurna, kemudian terkait persiapan Pekan Daerah dan Pekan Nasional agar segera disiapkan dan dikoordinasikan.

Disamping itu dalam hal evaluasi kebijakan Kelompok KTNA Riau meminta agar Kelompok KTNA Nasional mengusulkan kepada pemerintah pusat agar adanya penetapan persentase anggaran pembangunan pertanian. “Seperti contohnya Ketetapan 20% penganggaran dari APBN untuk Penyelenggaraan Pendidikan”, kata Yusri.

Hal ini mengingat begitu pentingnya sektor pangan agar pembangunan pertanian yang berkelanjutan dapat terlaksana dengan baik. Apalagi sektor pertanian masih menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia. Pertanian juga menjadi sektor vital dalam menghadapi perkembangan populasi penduduk yang berpotensi kepada terjadinya krisis pangan.

Peserta Rembug Madya KTNA Provinsi Riau

Pada akhir kegiatan dirumuskan hasil keputusan Rembug Madya KTNA Provinsi Riau tahun 2022, ada lima hasil keputusan rembug :

  1. Kelompok KTNA Riau meminta agar Kelompok KTNA Nasional mengusulkan adanya penetapan persentase anggaran pembangunan pertanian demi kemajuan pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Contohnya Ketetapan 20% penganggaran dari APBN untuk Penyelenggaraan Pendidikan.
  2. Bagi Kelompok KTNA Kab/Kota se-Riau yang sudah habis masa kepengurusannya agar segera melaksanakan Rembug Paripurna.
  3. Kelompok KTNA Dumai diminta untuk segera memutuskan/menetapkan waktu pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Dumai.
  4. Menindaklanjuti Persiapan Pekan Nasional (PENAS) XVI di Sumatera Barat, maka telah dibentuk Panitia Pelaksana PENAS XVI Kontingen Provinsi Riau.
  5. Kelompok KTNA Kabupaten/Kota se-Riau diminta untuk segera mengkonfirmasi jumlah kepesertaan kegiatan PENAS XVI di Sumatera Barat kepada Panitia Pelaksana PENAS XVI Kontingen Provinsi Riau.

Apa yang sudah menjadi keputusan rembug diharapkan dapat dilaksanakan oleh seluruh pengurus KTNA disemua tingkatan. (ar/admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga