Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

REMBUG UTAMA KTNA JATIM, MENUJU PENAS XVI PADANG SUMBAR TAHUN 2023

ktnanasional.com – JATIM Kota Batu. Dengan bertempat ruang di Brizantha convention Hall Balai Besar Pelatiihan Peternakan (BBPP) kota Batu hari Jumat tanggal 23 Desember 2022 telah dilangsungkan pembukaan Rembug Utama KTNA provinsi Jawa Timur. Akhmad Prayogo, SH ketua panitia pelaksana melaporkan rembug utama ini dihadiri oleh 107 peserta dari 38 kabupaten kota se Jawa Timur.

“Kegiatan ini bisa terlaksana atas kolaborasi antara KTNA Jatim dengan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Polbangtan Malang dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan”, Kata Prayogo

Peserta Rembug Utama foto Bersama Dengan Pembina dan Undangan

Sementara itu Ketua KTNA provinsi Jawa Timur Sumrambah dalam sambutannya mengatakan, pertanian saat ini seperti menjadi anak tiri yang kurang diperhatikan dengan pelbagai permasalahan yang belum bisa diurai. Tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, KTNA harus cepat bergerak bangkitkan pertanian di Indonesia. Dengan adanya rembug ini para peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Jawa Timur bisa saling bertukar informasi yang nantinya bisa dibawa ke daerah nya masing masing.

Masih banyak petani kita yang tidak berdaya, ketika panen harga turun. Belum lagi permasalahan dengan pupuk subsidi, bagaimana perasaan petani kita kalau sudah dipanggil jaksa atau polisi jika ada permasalahan penyaluran pupuk subsidi ?? bisa nderedeg (gemetar) tiga hari tiga malam.

Seharusnya pupuk subsidi ini menjadi solusi untuk berusaha tani justru ada yang bikin susah petani. Malam ini selain membahas persiapan KTNA untuk berangkat ke PENAS XVI di Padang Sumatera Barat kita juga akan membahas masalah pupuk subsidi. “ kalau pupuk subsidi di cabut, solusi apa yang akan kita tawarkan kepada pemerintah, karena ada dana sebesar 25 triliun untuk subsidi pupuk”, pungkas Sumrambah.

Setya Budhi Udrayana direktur POLBANGTAN Malang mendukung apa yang di kerjakan oleh KTNA Jawa Timur, mewakili tiga Lembaga yang telah berkolaborasi hingga acara rembug utama KTNA Jatim bisa terlaksana. Kementan sangat peduli untuk meningkatkan kemampuan petani milenial dalam berbagai bidang. “ Dalam perencanaan persiapan menuju PENAS Padang supaya petani milenial DPA dan DPM bisa di ikutkan”, kata Uut panggilan akrab direktur Polbangtan.

Ketua umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dalam sambutannya saat membuka secara resmi rembug menyampaikan KTNA harus terus bergerak dan harus berdasarkan data base. Hingga saat ini jumlah pengurus KTNA yang terdata hingga di tingkat desa berjumlah 660.073 orang. Dengan jumlah 22 Juta petani dan ada 1,8 Juta nelayan. Ada perubahan dalam jumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di PENAS Padang.  Ada 6 bidang 29 seksi kegiatan yang akan dilaksanakan berkurang dari penas sebelumnya. (mh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga