Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Rembug Utama KTNA Jawa Barat, Sukseskan Penas Petani Nelayan 2023

ktnanasional.com – JABAR Banjaran.  Dengan mengambil tempat di Riung Panyaungan Banjaran Kabupaten Bandung, KTNA Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rembug Utama tanggal 4 – 5 April 2023.

Tema yang diusung “Sukseskan Penas Petani Nelayan Padang Sumatera Barat” diikuti oleh perwakilan pengurus KTNA dari 27 Kabupaten Kota se Jawa Barat. Selain unsur KTNA, rembug ini juga dihadiri oleh pejabat pemerintah dari dinas teknis terkait dan mitra KTNA dari BPJS dan BPS provinsi Jawa Barat.

Ada 3 sesi dalam rembug utama, seperti yang disampaikan oleh ketua KTNA provinsi Jawa Barat Otong Wiranta. Yang pertama adalah membahas persiapan Penas serta identifikasi masalah dari masing masing kabupaten kota.

Yang kedua adalah sosialisasi Sensus Pertanian 2023, dimana secara nasional pelaksanaan sesus pertanian di Indonesia (ST23) telah disepakati kerjasama pelaksanaan di lapangan dengan KTNA diseluruh tingkatan. Sensus yang dilaksanakan 10 tahun sekali, terkait dengan KTNA sensus ini sangat penting termasuk didalamnya adalah pembaharuan daan pemuktahiran data terkait dengan pertanian dalam arti luas.

Yang ketiga adalah Sosialisasi BPJS ketenagakerjaan dalam perlindungan petani sebagai tenaga kerja dalam bidang pertanian. Manfaat yang didapat dari keikutsertaan petani dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan baik bagi petani sendiri maupun bagi anggota keluarga atau ahli waris yang berupa santunan. Mereka mendapat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), dengan premi mulai dari Rp16.800 per bulan. (Admin)

spot_img

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga