Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Restrukturisasi KTNA Kabupaten Gorontalo, Tuan Rumah PENAS XVII 2026

ktnanasional.com – GORONTALO.  Menjelang Rembug Madya KTNA Provinsi Gorontalo bulan Desember yang akan datang, persiapan dilakukan mulai dari rembug di tingkat kabupaten. Rembug dimulai dari kabupaten Gorontalo yang telah dilaksanakan pada 10 Oktober 2023.

Rembug kali ini mengusung tema restrukturisasi organisasi, hal ini menjadi penting mengingat Kabupaten Gorontalo sudah ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksana penyelenggaraan PENAS XVII yang akan digelar tahun 2026. Rembug dihadiri oleh pengurus KTNA Kabupaten, Provinsi dan dari Dinas Teknis pembina.

Arjun Mogulaingo, SH ketua KTNA Provinsi Gorontalo, dalam sambutannya mengatakan selaras dengan hasil Rembug Utama KTNA Nasional di Wisma Yampi Jakarta tanggal 22-24 September 2023, KTNA Provinsi Gorontalo segera membentuk organisasi Pemuda Tani dan Wanita Tani hingga di tingkat Kabupaten. Untuk restrukturisasi KTNA Kabupaten Gorontalo harus dilakukan dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah PENAS XVII tahun 2026. “Apa saja yang nanti menjadi hasil keputusan Rembug supaya segera disampaikan baik kepada pemerintah ataupun kepada KTNA Provinsi,” Ujar Arjun.

Rembug Dibuka oleh kepala dinas Pertanian kabupaten Gorontalo, Dr. Rahmat A.W. Pomalingo, S.Hut, MH. Disampaikan ucapan selamat atas terlaksananya Rembug Madya KTNA Kabupaten Gorontalo, KTNA sebagai Mitra Pemerintah supaya lebih aktif menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dan kelompok kelompok yang ada di pedesaan, menjadi media agar terbentuk kolaborasi antara petani, nelayan dan petani hutan dengan pemerintah. Terlebih kedepan dalam menghadapi PENAS yang akan di gelar di Gorontalo. “Jangan munculnya kalau mau ada PENAS saja,” seloroh Rahmat.

Beberapa keputusan hasil rembug disampaikan oleh Ketua KTNA Kabupaten Gorontalo Irvan Igirisa, berharap agar pemerintah kabupaten dapat memfasilitasi KTNA Kabupaten untuk melakukan sosialisasi sekaligus pelaksanaan rembug di tingkat kecamatan dalam rangka mempersiapkan SDM petani dan nelayan sebagai penggerak pada saat pelaksanaan PENAS nantinya.

Salah satu usulan dari KTNA Kabupaten Gorontalo adalah untuk menjadikan Desa Sidodadi Kecamatan Boliyohuto sebagai salah satu destinasi pada saat PENAS nanti. Tema yang akan diusung adalah Wisata Terpadu dan Terintegrasi, untuk itu kelompok sudah mempersiapkan lahan seluas 3 Hektar.

Sebagai ajang pembelajaran dalam melaksanakan satu event besar, tahun depan aka nada pelaksanaan Rembug Utama KTNA Nasional di Kabupaten Tabanan Bali, KTNA berharap agar Pemda dapat memfasilitasi keikutsertaan KTNA Kabupaten dalam acara nasional tersebut.

Restrukrurisasi Organisasi KTNA Kabupaten Gorontalo untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PENAS XVII tahun 2026. “Kami minta supaya SK segera diterbitkan oleh pengurus Provinsi, agar kami segera dapat audensi dengan pemerintah Kabupaten,” tutup Irvan.

Rembug ditutup oleh Kepala Bidang Penuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Mohamad Nasrudin, SP. Harapannya pengurus yang terpilih dari hasil rembug ini agar selalu dan selama masa kepengurusan untuk senantiasa membangun solidaritas baik di dalam ataupun di luar organisasi. “Terutama antar pengurus di semua tingkatan, demi suksesnya Penyelenggaraan PENAS XVII di Kabupaten Gorontalo,” kata Nasrudin (mh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga