Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

RI Bakal Impor Jagung Pakan 375 Ribu Ton untuk Peternak Kecil

ktnanasional.com – JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) bakal melakukan impor terbatas terhadap komoditas jagung untuk pakan ternak. Hal itu bertujuan agar para peternak bisa mendapatkan pakan ternak dengan harga murah.

Plt Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo mengatakan, ketika harga pangan ternak murah, maka harga bahan pangan di pasar pasar tradisional maupun ritel modern juga menjadi terjangkau masyarakat.

Pengadaan jagung pakan itu juga menimbang kondisi El Nino yang membuat produktivitas pertanian termasuk jagung peternakan juga mengalami penurunan.

“Kita akan lakukan importasi terbatas untuk pakan ternak untuk petani mandiri kecil,” ujar Arief dalam acara GPM Serentak dalam Rangka Hari Pangan Sedunia di Kementan, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Arief, rencananya importasi terhadap komoditas jagung ini berlangsung untuk periode September-Desember 2023 mendatang sebanyak 375.646 ton.

Kepala Bapanas itu juga menegaskan importasi ini semata-mata bertujuan untuk melakukan stabilisasi harga pakan ternak di pasar lewat pemenuhan kebutuhan stok dalam negeri.

“Kalau nanti ada berita di Media, wah badan pangan sukanya menginpor, Plt menteri pertanian kok sukanya mengimpor, Tidak. Saya mau sampaikan bahwa ini adalah untuk pemenuhan kebutuhan jagung pakan,” kata Arief.

“Sudah diputuskan juga dalam ratas, ini dilakukan hanya terbatas oleh Bulog dan langsung disalurkan ke peternak kecil. Tidak untuk yang besar-besaran, san ini dilakukan oleh Bulog,” sambungnya.

Arief juga mendorong Kementerian Perdagangan untuk mempercepat izin impor terkait komoditas tersebut. Sehingga makin cepat Indonesia menerima impor jagung, maka akan makin cepat juga untuk mendistribusikannya ke petani.

“Saya meminta Kemendag untuk mempercepat izin impor tentunya sesuai perintah ratas harus segera. Jangan nanti importasinya dateng telat pada saat nanti sudah panen. Tidak boleh seperti itu,” pungkasnya. (admin)

Artikel ini telah tayang di idxcahnnel.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga