Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Ribuan Hektare Lahan akan Ditanam Komoditas Jagung Oleh Petani Cibugel Sumedang

ktnanasional – JAWA BARAT, SUMEDANG. Minat masyarakat Sumedang khususnya di daerah Cibugel untuk menanam jagung hibrida terus bertambah. Sekitar 2.000 hektare lahan di wilayah Cibugel, Kabupaten Sumedang akan ditanami komoditas jagung pada musim tanam tahun ini.

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Cibugel, Kabupaten Aup Saepulloh mengatakan, pada musim tanam tahun ini rencananya para petani akan menanam bibit jagung varietas R7 atau jagung Raja.

Aup menyebutkan, wilayah Cibugel merupakan sentra tanaman jagung di Kabupaten Sumedang. Animo petani Cibugel dalam menanam jagung hibrida setiap musim, terus meningkat seiring dengan harga jagung dalam negeri yang juga terus meningkat.

“Dulu hanya sekitar 5-10 hektar yang menanam jagung sekarang sudah ratusan hektar tanaman jagung seiring membaiknya harga jagung dalam negeri setiap tahunnya, keinginan petani di Cibugel kini terus meningkat,” katanya.

“Sekarang rata-rata harga jagung di atas Rp4.000 per kilogram, harga kami lebih tinggi dibanding Garut dan Majalengka,” katanya lagi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Sumedang Nunung Satia menyatakan, selain tanaman singkong, lahan kering wilayah Cibugel, memang dipersiapkan menjadi area baru lahan pertanian jagung.

Selain kebutuhan air yang tidak terlalu banyak, kata dia, perawatan tanaman jagung hibrida juga tidak terlalu sulit. (admin)

artikel ini telah tayang di kabarsumedang.pikiran-rakyat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga