Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Sawit Menjadi Bagian Primadona Sektor Perkebunan Kalteng

ktnanasional.com – KALIMANTAN TENGAH, PALANGKARAYA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyambut dengan baik adanya kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Mendorong Solusi Kelapa Sawit Berkelanjutan di Kalimantan Tengah”, yang dilaksanakan di Swiss BellHotel Danum Palangka Raya, Selasa, 12 September 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng yang diwakili oleh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko menyampaikan bahwa komoditi perkebunan di Kalteng berkembang pesat yang menjadi primadona adalah kelapa sawit.

“Kelapa sawit menjadi bagian primadona sektor perkebunan selain sektor batu bara dan perikanan,” ucap Yuas.

Dirinya menyatakan kelapa sawit dari tahun 2020-2021 terdata 3,9 juta hektar dengan jumlah 333 perusahaan. Namun, yang beroperasi baru seluas 1,13 juta hektar. Kondisi ini ia sampaikan berbanding terbalik dengan perkebunan sawit milik masyarakat dengan luas 380 ribu hektar.

“Maka dapat diartikan prespektif kesejahteraan masyarakat disekitar kebun dibawah harapan, hal ini sebagai salah satu pemicu maraknya tuntutan pengadaan plasma 20 persen,” bebernya.

Dengan adanya FGD ini menurutnya menjadi pemecahan solusi, bahkan menemukan titik terang dalam menyelesaikan permasalahan sektor perkebunan.

“Pemprov Kalteng mendukung dan menyambut baik FGD ini, apalagi sektor perkebunan primadonanya kelapa sawit. Sehingga, dapat menemukan akar permasalahan, cara penyelesaiannya bagaimana untuk mengoptimalkan mitra kebun sawit,” tandasnya. (admin)

Artikel telah tayang di borneonews.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga