Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Selain Cuaca, Infrastruktur dan Rendah Produksi Jadi Tantangan Sektor Unggulan Daerah di NTT

ktnanasional.com – NUSA TENGGARA TIMUR. Sebagai sektor unggulan yang memiliki kontribusi besar terhadap PDRB serta mampu menyerap jumlah tenaga kerja yang signifikan pengembangan lapangan usaha pertanian, perikanan, dan subsektor peternakan di NTT masih menemui beberapa kendala atau hambatan.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi NTT, Catur Ariyanto Widodo menyampaikan beberapa poin yang masih menjadi tantangan pada sektor unggulan di NTT.

“Sektor pertanian dan perikanan masih belum berkontribusi signifikan terhadap pendapatan negara baik itu untuk pajak pusat maupun pada komponen pendapatan daerah dalam APBD,”ungkap Catur pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Ia melanjutkan, adanya risiko terjadinya cuaca/iklim yang ekstrem dapat berpengaruh secara langsung pada hasil produksi sektor pertanian dan perikanan yang merupakan sektor yang rentan terhadap perubahan iklim.

Kemudian, ketersediaan infrastruktur penunjang sektor pertanian dan perdagangan seperti pembangunan jalan, RPH, dan saluran irigasi tersier masih belum merata tersedia di seluruh daerah di NTT, yang dapat mengganggu alur pasokan distribusi barang produksi/konsumsi dan pemasaran hasil produksi pertanian dan perikanan.

Tidak hanya itu, masih rendahnya produksi komoditas pertanian seperti padi, jagung, kelor, dan hortikultura.

Selain itu, populasi ternak sapi, babi, ayam kampung juga masih rendah serta rendahnya produksi dan standar mutu perikanan tangkap hasil perikanan menjadi kendala dalam pengelolaan sektor unggulan ini.

Pada subsektor peternakan, penyediaan pakan ternak masih belum optimal dengan masih bergantung pada supply dari pabrik pakan ternak dari luar NTT serta rendahnya produksi perikanan budidaya dan kurangnya pengembangan rumput laut dan kebun bibit, ikan kerapu, dan ikan kakap, yang seharusnya dapat mendukung rantai pasok protein ikan di destinasi wisata yang ada di NTT. (admin)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga