Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Sensus Pertanian: Rumah Tangga Tani di Kota Pasuruan Makin Berkurang

ktnanasional.com – PASURUAN, Dominasi lahan pertanian oleh rumah tangga tani di Kota Pasuruan terus berkurang. Bahkan angkanya mengalami penurunan signifikan dalam 20 tahun terakhir.

Kondisi itu diketahui dari hasil sensus pertanian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pasuruan. Berdasarkan data yang ada, pada 2003, petani mendominasi 72,35 persen dari total luas lahan pertanian di wilayah tersebut. Namun pada 2013, persentase tersebut menurun drastis menjadi 52,55 persen dengan luasan lahan pertanian kurang dari 1.000 meter persegi.

Berdasarkan data dari BPS, pada tahun 2003 terdapat 6.072 rumah tangga tani di Kota Pasuruan. Dari jumlah tersebut, 1.947 rumah tangga terlibat dalam usaha tanaman pangan. Sementara 1.454 rumah tangga fokus pada usaha hortikultura.

Namun pada tahun 2013, jumlah rumah tangga tani menurun menjadi 3.810. Dari jumlah itu, 1.664 rumah tangga menggeluti usaha tanaman pangan dan 324 rumah tangga terlibat dalam usaha hortikultura. Selain dua sektor tersebut, terdapat sektor tani perikanan dan peternakan yang juga menjadi pilihan sejumlah rumah tangga tani.

Penurunan penguasaan lahan pertanian oleh rumah tangga tani di Kota Pasuruan disebabkan beberapa faktor. Salah satunya perkembangan kawasan perkotaan yang lebih banyak beralih menjadi rumah penduduk. Dan akhirnya berubah menjadi kawasan permukiman.

Kepala BPS Kota Pasuruan Sri Kadarwati mengatakan, Sensus Pertanian yang mengacu amanat UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik perlu dilakukan minimal 10 tahun sekali. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif tentang kegiatan pertanian. Mencakup subsektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan dan jasa pertanian.

”Saat ini masih berlangsung sensus pertanian selama dua bulan,” beber Wati, panggilannya.

BPS menurunkan petugas sensus sebanyak 44 pendata dan 5 pengawas lapangan. Total ada 49 petugas yang dilibatkan dalam Sensus Pertanian 2023. (tom/hn)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga