Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Sirukam Dairy Farm Solok, Layak Jadi Kunjungan Peserta Penas XVI

ktnanasional.com – SUMBAR Solok.  Sirukam Dairy Farm merupakan salah satu peternakan modern yang terletak di Jl. Solok – Alahan Panjang KM 18, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. mengusung tema eduwisata yang artinya edukasi menjadi fokus agar tak hanya berwisata. Tapi juga bisa mendapat  pengetahuan seputar peternakan dan perkebunan.

Untuk mengunjungi Sirukam Dairy Farm, bisa diakses melalui  jalan raya Solok-Alahanpanjang lebih kurang berjarak 25 kilometer dari Kota Solok. Sepanjang perjalanan, nuansa alam pun selalu terasa, pada 10 kilometer pertama dari Kota Solok, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan sawah di sisi kiri dan kanan jalan.

Lalu, perjalanan akan di tempuh di lereng bukit, tikungan-tikungan tajam saling berbalas. Walaupun demikian, pengunjung akan menyaksikan keindahan hamparan Kabupaten Solok di sisi kanan jalan, jika cuaca bagus, akan terlihat jelas jajaran bukit barisan, dan wajah Kabupaten dan Kota Solok dari ketinggian.

Saat tiba di depan gerbang Sirukam Dairy Farm, memang belum terlihat istimewa, tapi setelah masuk ke kawasan taman, suasana seketika berubah. Jika cuaca cerah, dari taman Sirukam Dairy akan terlihat pemandangan indah kawasan utara Sumbar, jelas terlihat siluet Gunung Marapi, Sago dan Singgalang berjajaran, lalu bentangan Danau Singkarak, serta di bagian selatan, bediri megah Gunung Talang yang terlihat sangat jelas.

Di sana, juga ada coffee shop jika pengunjung ingin menikmati alam dengan secangkir kopi. Lalu di dalam area seluas 20 hektare itu, selain taman juga ada kandang sapi perah, yang berjumlah lebih kurang 150 ekor, 500 lebih ayam kukuak balenggek, ayam petelor, domba, kambing, dan berbagai tanaman hias.

Di dalam area seluas 20 hektare itu, terdapat kendang sapi perah yang berjumlah lebih kurang 150 ekor, 500 lebih ayam kukuak balenggek, ayam petelor, domba, kambing dan berbagai tanaman hias.

Keberadaan kandang-kandang hewan ternak ini untuk menunjang salah satu tujuan tempat ini. Yaitu untuk mengedukasi pengunjung tentang peternakan, khususnya peternakan modern. Dan para pengunjung bisa melihat dan mengetahui bagaimana cara beternak kambing, penggemukan sapi, beternak ayam kukuak balenggek secara modern.

Direktur Sirukam Dairy Farm, Budi Badar mengatakan, salah satu tujuan Sirukam Dairy Farm ini yakni untuk mengedukasi pengunjung tentang peternakan, khususnya peternakan modern.

“Sirukam Dairy Farm mengusung tema eduwisata, yang artinya edukasi menjadi fokus kita, agar tak hanya berwisata, pengunjung juga bisa mendapat pengetahuan seputar perternakan,” ungkapnya. (*)

Diolah dari berbagai sumber

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga