Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Situ Leutik Banjar Surut, 78 Hektar Lahan Pertanian Mengering

ktnanasional.com –  JAWA BARAT, BANJAR. Musim kemarau panjang berdampak pada sektor pertanian. Danau Situ Leutik di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, surut drastis. Akibatnya 78 hektar lahan pertanian di dua desa terancam gagal panen. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Menurut Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, surutnya air danau mencapai 1 meter sehingga distribusi air irigasi ke lahan pertanian berkurang drastis. Air dari Situ Leutik sedianya mengairi 78 hektar lahan pertanian di dua desa yakni Desa Cibeureum dan Desa Jajawar.

“Airnya surut sampai 1 meter sehingga aliran air untuk distribusi pertanian menjadi berkurang dan menyebabkan gagal panen,” ucap Yayan Sukirlan kepada awak media, Jumat (15/9/2023).

Yayan menambahkan, kondisi tersebut diperparah dengan bantaran saluran irigasi banyak yang rusak dan longsor sehingga menutup jalur air irigasi. Akibat pertanian gagal panen, petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Selain berdampak pada sektor pertanian, surutnya danau Situ Leutik juga berimbas pada sektor wisata. Sejak beberapa pekan ini, Situ Leutik sepi pengunjung.

“Wisatawan yang datang ke sini mereka ingin menikmati suasana danau dan bermain perahu tapi karena airnya surut, pengunjung jadi enggan ke sini lagi,” pungkas Yayan. (admin)

Artikel telah tayang di cakrawala.co

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga