Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Soal Pangan, BRIN Dorong Hilirisasi Sektor Pertanian

ktnanasional – JAKARTA. BRIN mengatakan, pemerintah Indonesia perlu mengencangkan program hilirisasi sektor pertanian. Hilirisasi pertanian itu, guna menjaga stabilitas pangan di Tanah Air.

“Kalau negara kita itu ingin jadi negara maju itu, harus menuju ke arah hilirisasi. Secara umum itu kan bagaimana menambah dari nilai sumber daya alam kita, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko saat berbincang dengan PRO3 RRI, Minggu (25/2/2024).

Tri menegaskan, banyak sumber daya alam terbaru di Indonesia yang jauh lebih lebih besar. Sumber daya alam itu adalah hasil perkebunan, pertanian, hingga perikanan.

“BRIN sejak awal berdiri memang sudah di mintakan untuk fokus ke arah itu, khususnya ke arah pangan. Jadi untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri maupun untuk menjadi salah satu sumber daya ekonomi kita masa depan gitu,” ucapnya.

Jika semua itu terwujud, Tri meyakini, Indonesia ke depannya bisa melakukan ekspor hasil pangan. Jadi, tidak sekadar swasembada itu tujuan utamanya.

“Bagaimana kita menuju ke arah itu, pertanian sebagai salah satu sumber daya alam yang terbarukan. Dan, menambah nilai tambahnya ya itu rangkaiannya panjang karena banyak hulu hilir,” ujarnya. (admin)

artikel ini telah tayang di rri.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga