Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Sosialisasi GENTA ORGANIK di BPP Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis

ktnanasional.com – JABAR Ciamis.  Sosialisasi Program Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik) dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Jabar. (Selasa, 21 Maret 2023)

Kegiatan ini dihadiri oleh para stakeholder terkait dari mulai unsur petani sampai dengan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo, SP, MSi sosialisasi ini juga dihadiri oleh Dinas Pertanian Dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Rahmat Hidayat, SST, MP, MH dan dari BPPSDMP Kementerian Pertanian Ricky Feryadi, SP. MP.

Kecamatan Cihaurbeuti merupakan sentra padi organik di Kabupaten Ciamis sehingga perlu adanya bimbingan untuk terus mengembangkan berbagai potensi yang ada baik itu sumberdaya alam, Sumber Daya Manusia, maupun pemasaran produk padi organik.

Pembinaan yang diberikan yaitu dengan pelaksanaan Sekolah Lapang Tematik Pertanian Organik dimana akan diikuti oleh para petani dari Desa Cijulang, Desa Sukahaji, dan Desa Sukasetia. Metode penyuluhan melalui sekolah lapang dinilai efektif karena petani akan lebih memahami dan mampu menerapkan inovasi teknologi pertanian yang disampaikan serta dilakukan melalui praktek saat pelaksanaan sekolah lapang. Isi dari tiap pertamuan sekolah lapang sejalan dengan target-target capaian pada Program Genta Organik.

Genta Organik merupakan gerakan pertanian pro organik yang meliputi pemanfaatan pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenah tanah sebagai solusi terhadap masalah pupuk mahal. Gerakan ini mendorong petani untuk memproduksi pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenah tanah secara mandiri.

Keadaan konflik global khususnya dari negara penghasil bahan baku pupuk mengakibatkan harga pupuk melambung tinggi. Genta Organik sebagai solusi pupuk mahal diluncurkan dengan tujuan menyuburkan tanah, meningkatkan produksi pertanian, mengurangi penggunaan pupuk kimia (anorganik), menjaga kelestarian lingkungan, dan keberlanjutan Sumber Daya Alam, yang pada akhirnya mendukung terwujudnya Swasembada Pangan Nasional dan Kedaulatan Pangan Nasional.

“Selain bagus untuk lingkungan, pupuk organik juga dapat menekan biaya produksi dalam berusaha tani,” Kata Ricky. (*)

Reporter : Deny Nugraha, SP

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga