Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

STRAWBERI DARI MAMASA

ktnanasional.com – SULBAR Mamasa, Buah Strawberi ini dipetik langsung dari kebun kelompok tani Sikamase Desa Rantepuang, Kecamatan Sesenapadang kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Bagaimana hingga ada kebun strawberi di desa Rantepuang, ini tak lepas dari campur tangan Demianus Tara Pengelola P4S Sahabat Petani.

Sejarah terbentuknya P4S Sahabat Petani, bermula pada tanggal 10 November 2016 dengan terbentuknya kelompok yang diberi nama Kelompok Tani Hortikultura (KTH) Sahabat Petani beranggotakan 25 orang. Seiring berjalannya waktu pada tanggal 24 Mei 2019 dibentuk Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya atau yang biasa disingkat P4S dengan nama yang sama “Sahabat Tani” dengan alamat di dusun Lempangan, Desa Mellangekanpadang, Kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa, desa yang terletak pada ketinggian 1650 meter DPL.

Demianus Tara dan Kelompok Pembudi Daya Strawberi

“Produk unggulan kami kentang, bawang merah dan sayur mayur terutama komoditi yang cocok ditanam di dataran tinggi” ujar DeTe, sapaan akrab Demianus Tara.

Kelompok binaannya tersebar di beberapa kecamatan di Mamasa, ini dikarenakan sampai saat ini baru ada dua P4S di kabupaten Mamasa. Sudah cukup banyak kegiatan pelatihan yang dilakukan di P4S Sahabat Petani yang sejak tahun 2019 sudah masuk klasifikasi Pratama. Sudah banyak juga desa dan dusun yang dikunjungi oleh DeTe dan tim nya untuk melakukan pendampingan.

Tepat 10 November lalu Sahabat Petani telah berumur 6 tahun, banyak suka duka yang sudah dijalani, buah manis dari perjuangan kelompok ini sudah bisa mulai dirasakan. Dengan tagline #SebarVirusBertani DeTe dengan Sahabat Petani nya sudah menyebarkan “virus” nya kemana mana. Diperolok ataupun direndahkan itu sudah jadi bagian dari perjuangannya.

Kondisi Jalan yang Harus Dilalui dalam melaksanakan Pembinaan ke Desa Desa

Selain pengelola P4S, Demianus Tara juga dipercaya sebagai Ketua KTNA Kabupaten Mamasa. Kedepannya DeTe sangat berharap terbangunnya sinergitas antara KTNA dan pemerintah baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat pusat. Tidak hanya KTNA nya saja tapi organisasi yang telah dibentuk KTNA juga harus terlibat seperti P4S, Ikatan Keluarga Magang Jepang (IKAMAJA) dan Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI).

“Kami semua adalah Mitra Pemerintah dalam membangun pertanian, Tugas kami menjadi jembatan penghubung supaya program program pemerintah dapat di fahami dan dilaksanakan oleh kelompok tani di pedesaan” kata DeTe.

Manis masamnya perjuangan dengan P4S Sahabat Petani yang dikelolanya, sudah melekat didalam diri DeTe. Suatu perjuangan akan berbuah manis tinggal bagaimana kita merawat dan memelihara dengan konsisten, seperti rasa Strawberi dari Mamasa. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga