Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Subak Aya Jadi Proyek Percontohan Mandiri Bawang Putih Nasional

ktnanasional.com – Tabanan, Subak Aya di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali, terpilih menjadi lokasi proyek percontohan kemandirian bawang putih nasional yang dinamakan program Petani Champion.

“Pengembangannya nanti di lahan seluas 20 hektare di Subak Aya, Desa Babahan, Penebel,” jelas Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia, Kamis (13/7/2023).

Sebagai awalan, sambung Subagia, Kementerian Pertanian (Kementan) juga sudah menyerahkan sejumlah bantuan.

Bantuan itu berupa bibit bawang putih sebanyak 14 ton, pupuk dolomit 20 ton, NPK enam ton, pupuk hayati cair 200 liter , dan beberapa bantuan lainnya.

“Dari pengalaman, daerah Penebel (Subak Aya) yang biasa menanam bawang putih di masa-masa jeda (padi),” ujar Subagia mengungkap alasan terpilihnya Subak Aya untuk program nasional ini.

Ia menyebutkan saat ini sedang mulai masa-masa awal penanaman bawang putih. Seluruh bibit merupakan bantuan dari Kementan, begitu juga kelengkapan lainnya.

“Bibit sudah didrop dari pusat. Tugas kabupaten hanya pembinaan dan mendampingi petani yang menyediakan lahan,” jelasnya.

Mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup ini menambahkan program Champion dari Kementan ini merupakan upaya untuk merealisasikan kemandirian pada komoditas bawang putih.

“Kalau ini berhasil, kami nanti usulkan ke APBD kabupaten supaya diberikan pengembangan. Kan tidak mungkin pusat terus bantu,” sebutnya.

Subagia menambahkan program Champion bawang putih ini juga untuk memenuhi kebutuhan lokal di Bali. Khususnya di Tabanan. “Untuk (kebutuhan) Tabanan sajalah dulu,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali berjanji untuk tidak mendatangkan bawang putih dari luar Bali.

Selain itu, penanaman bawang putih untuk memenuhi kebutuhan lokal ini juga untuk menjawab defisit pada neraca pangan selama ini. Sebab, hanya bawang putih saja yang menyebabkan defisit pada neraca tersebut. (admin)

Artikel telah tayang di detik.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga