Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Sunarti: Peternak di Kalteng Harus Waspada Penyakit Gumboro

ktnanasional – KALIMANTAN TENGAH, PALANGKA RAYA. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalimantan Tengah, Sunarti mengingatkan kepada seluruh peternak di provinsi agar waspada terhadap penyakit Gumboro yang terutama menyerang unggas seperti ayam.

“Penyakit Gumboro adalah penyakit yang disebabkan oleh virus famili Birnaviridae yang menyebabkan peradangan hebat di bursa fabricius, yaitu organ yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh ayam,” kata Sunarti, Selasa, 27 Februari 2024.

Sunarti menjelaskan, penyakit Gumboro bersifat imunosupresif, yaitu menurunkan kemampuan ayam untuk melawan infeksi penyakit lainnya. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian pada ayam muda, terutama yang berusia 3-6 minggu.

“Penyakit ini sangat mudah menular dan disebarkan melalui kotoran, air, dan pakan yang terkontaminasi. Virus ini juga bisa dibawa oleh tikus, kumbang, dan vektor lainnya,” ujarnya.

Untuk mencegah penyakit Gumboro, Sunarti menyarankan agar peternak melakukan vaksinasi pada ayam sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Selain itu, peternak juga harus menerapkan praktik bio sekuriti yang ketat di kandang masing-masing.

“Bio sekuriti adalah upaya untuk mencegah masuknya agen penyakit ke dalam kandang. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, mengisolasi ayam yang sakit, menghindari kontak langsung dengan ayam liar atau hewan lain, dan menggunakan alat pelindung diri saat merawat ayam,” paparnya.

Sunarti berharap dengan langkah pencegahan ini, peternak di Kalteng bisa terhindar dari ancaman penyakit Gumboro yang bisa merugikan usaha ternak mereka.

“Saya mengimbau kepada peternak untuk selalu waspada dan proaktif dalam mengendalikan penyakit ini. Jika ada gejala yang mencurigakan, segera laporkan kepada petugas kesehatan hewan terdekat,” tutupnya. (admin)

artikel ini telah tayang di borneonews.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga