Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Suryani Perempuan Berprestasi Asal Desa Salimuran Terima Penghargaan dari Menteri Pertanian RI

ktnanasional.com – TANAH BUMBU, Perempuan berprestasi asal Desa Salimuran Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Suryani menerima penghargaan dari kementerian pertanian sebagai Mobilizer Terbaik program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Manteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo disela pembukaan acara Sarasehan Petani Melenial sekaligus Launcing Aikasih Learning Management System (LMS), di Kota Makassar, belum lama ini.

“Kegiatan itu berlangsung sejak tanggal 20 – 22 Juli 2023, diikuti sebanyak 700 petani muda seluruh Indonesia,” ujar Suryani, S.P Mobilizer Program YESS, di Batulicin, Senin (24/7/2023).

Selain itu ada beberapa kegiatan lainya seperti pameran produk unggulan pertanian, penyampaian motivator dan pengembangan usaha milenial agripreneur, sosialisasi program unggulan kementerian pertanian, dan penghargaan Local Champion 2023.

Suryani yang selama ini bekerja di Program YESS sangat menekuni dunia pertanian.

“Karena petani adalah dunia saya, di sana saya bertemu dengan petani yang sudah sukses, terus mengajak anak-anak muda untuk mencoba terjun ke dunia pertanian,” ungkap perempuan desa yang bergelar Sarjana Pertanian itu.

Sebagai Mobilzer ia dapat menghubungkan petani milenial kepada pemangku kepentingan. Melalui Program YESS ia sangat menikmati pekerjaannya.

“Karena tidak cuma bisa dapat ilmunya melainkan kenal dengan beberapa orang penting yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu,” ujarnya.

Menurutnya, melalui program YESS yang disediakan pemerintah, sayang sekali jika dilewatkan bagi anak-anak muda. “Karena hasil pertanian merupakan sumber dari penghasilan, jika disadari dan mau berproses,” imbuhnya.

Ia berharap dengan penghargaan yang telah diterima ini dirinya lebih semangat lagi dalam menjalankan tugas sebagai mobilizer.

“Karena dititipkan amanah yang harus saya tularkan lagi ke anak muda agar mau menengok dunia pertanian,” harapnya.

Program YESS merupakan salah satu upaya memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Sedangkan Mobilizer dan Fasilitator adalah pemuda yang berperan dalam mendorong kepekaan pemuda terhadap kegiatan dan manfaat Program YESS melalui pertemuan dan sosialisasi di Tingkat Kecamatan hingga Tingkat Desa, termasuk dengan menunjukkan dan mempromosikan (show – casing) petani muda dan pengusaha sukses dengan profil dan latar belakang yang beragam. (admin)

artikel telah tayang di kalimantanlive.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga