Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

Tampilan Tempe KORO PEDANG (Canavalia ensiformis)

ktnanasional.com – JABAR Cibinong.  Apakah tempe yang dibuat dari bahan baku Koro Pedang  tampilannya berbeda dengan yang berbahan baku kedelai ?? ternyata tidak signifikan. Setelah menjadi tempe tampilan Koro Pedang 11-12 dengan tempe dari Kedelai, terlebih setelah di iris dan di goreng. Foto foto yang ditampilkan menjelaskan hal tersebut.

Sehingga diskusi tentang kendala bahwa untuk memasarkan tempe Koro Pedang perlu disosialisasikan dahulu tidak lagi menjadi penting. Buktinya dibeberapa daerah tempe Koro Pedang sudah umum di jual di pasar pasar tradisionil. Baik dalam bentuk tempe mentah ataupun yang sudah diolah, seperti tempe bacem dan keripik tempe.

Tapilan Tempe Koro Pedang yang Sudah Diiris

Beberapa keunggulan dari tempe Koro Pedang diantaranya : Gluten Free, Rendah lemak, Non GMO, Protein lebih tinggi (27,8 %), mudah tercerna dalam perut, aman untuk penderita Diabets dan anak anak autis, harga lebih ekonomis dan mempunyai rasa lebih gurih.

Kehawatiran tentang tempe Koro Pedang, sulit di terima oleh konsumen, dapat di antisipasi dengan mensosialisasikan keunggulan produk yg dimiliki tempe Koro Pedang.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh tanaman Koro Pedang (Canavalia ensiformis), ada beberapa jenis dari famili tanaman Koro Pedang. Disini kita akan membahas khusus tanaman Koro Pedang yang berbiji warna putih. Tanaman ini mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh hamper disemua jenis tanah, mulai dataran rendah hingga ketinggian 1200 Meter DPL.

Dapat ditanam sepanjang tahun, tanpa mengenal musim dan tidak banyak hama OPT (Organism Pengganggu Tanaman). Produksi hasil panennya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanaman kedelai. Produktivitas rata-rata koro pedang sebanyak 7 ton/ha dengan potensi hasil mencapai 12 t/ha, dan pupuk hijau yang dihasilkan sebanyak 40-50 ton/ha. (PUSLITBANGTAN, Kementan RI)

Masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman Koro Pedang, bahkan di pulau Jawa. Penanaman Koro Pedang bisa dikerjasamakan di lahan lahan milik PERHUTANI dengan pola Agroforestry. Mengingat tanaman ini dapat tumbuh toleran dibawah tegakan pohon.

Sajian Nasi Goreng dengan Tempe Goreng Koro Pedang

Salah satu upaya untuk lebih meningkatkan penggunaan Koro Pedang menjadi bahan baku Tempe, menjalin kerjasama dengan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia atau biasa disingkat KOPTI. Melalui kemitraan bisa mulai untuk memproduksi tahu tempe berbahan baku Koro Pedang sebagai alternatif usaha. (dmd/mh)

spot_img

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum saya widi mahasiswa universitas andalas, kebetulan saya penelitian tentang ini, saya izin bertanya kenapa yaa tempe koro pedang yang saya buat itu rasanya masam gitu dan pait serta aromanya yang apik sekali baunya itu kenapa yaa, apakah pengaruh fermentasinya atau apa ya, terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga