Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Tangkapan Ikan Menurun Hingga 50 Persen, KTNA Minta Nelayan Diberi Bantuan

ktnanasional.com – SERANG,BANTEN.  Akibat dampak El Nino, tangkapan nelayan yang berada di pesisir Pantai Utara (Pantura) mengalami penurunan hingga 40 sampai 50 persen.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Serang Anani Syarif mengatakan, penurunan tangkapan nelayan sudah terjadi sejak empat bulan lalu semenjak El Nino. Namun puncaknya terjadi di pada saat dua bulan terakhir ini.

“Nelayan di pesisir utara memang betul tangkapannya menurun bahkan mencapai 40 sampai 50 persenan mungkin karena cuaca seperi ini,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu 25 Oktober 2023.

Menurutnya, akibat penurunan tangkapan, sebagian nelayan di Kabupaten Serang akhirnya memutuskan untuk beralih profesi sementara sembari menunggu kondisi kembali normal.

“Kalau di pantura tok usahanya melaut saja sehingga kalau ga melaut ga ngebul, tapi kalau di Bojonegara memang lain, kalau tangkapannya berkurang karena kawasan industri mereka beralih,” jelasnya.

“Tapi memang Masih banyak yang terpaksa melaut meskipun tangkapannya menurun drastis,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pemerintah baik di tingkat Kabupaten, provinsi atau bahkan pusat untuk dapat menyalurkan bantuan kepada para nelayan karena banyak nelayan yang belum memperoleh bantuan sosial apapun.

“Saat ini nelayan kurang tersenruh juga sih murah-mudahan ada bantuan untuk para nelayan yang terdampak El Nino, karena kasian adanya penurunan tangkapan ini bagi mereka,” jelasnya. (admin)

artikel ini telah tayang di radarbanten.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga