Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Tari Massal Karya Prof. Indrayuda, FBS UNP Tampil pada Pembukaan Penas KTNA di Sumbar

ktnanasional.com SUMBAR-Padang, Tari Massal karya Kareografer Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang tampil pada kegiatan pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 yang berlangsung di Lanud Tabiang Padang Sumatera Barat.

Ketika ditemui wartawan portal beritaminang.com di lokasi kegiatan pembukaan Penas KTNA Lanud Tabiang Padang pada Sabtu (10/6) pagi ini, Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. yang didampingi Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dan Kepala Departemen Sendratasik Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. menyampaikan bahwa Tari Massal ini adalah bertajuk “Tari Manaruko Lumbung”.

“Meneruka adalah proses perjalanan nenek moyang suku bangsa Indonesia di berbagai pulau di Nusantara,” kata Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D. menjelaskan sinopsis Tari Manaruko Lumbung tersebut.

Lebih lanjut kata Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D., nenek moyang datang melalui laut dan sungai kemudian naik ke daratan untuk membuka lahan untuk bertani dan beternak sebagai petani dan nelayan.

“Pada gilirannya dari meneruka kemudian mereka memproduksi hasil pertanian dan perikanan mereka yang melimpah,” tambah Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D.

Selanjutnya kata Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D., hasil produksi tersebut mereka simpan di lumbung sebagai pertanda ketahanan pangan bagi mereka dan tari ini ditata berdasarkan sejarah pertanian dan perikanan di Nusantara dengan idiom gerak tari-tari Nusantara dengan iringan musik akulturasi Melayu Minangkabau.

Pada kesempatan itu, Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. sebagai manager produksi menyampaikan bahwa Tari massal ini diproduksi oleh Departemen Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dengan melibatkan penari dan pemusik mahasiswa dan dosen.

Lebih lanjut Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. menyampaikan bahwa Kareografer adalah Prof. Indrayuda, M.Pd., Ph.D., asisten Kareografer adalah Dra. Desfiarni, M.Hum., Venny Rosalina, M.Sn., Mia Fahmiati, M.Pd., Belirda Wulandari, M.Pd.

“Komposer musik adalah Hengky Hermez Hidayat, M.Sn., Roby Ferdian, M.Sn., dan Huswatul Hakim, M.Pd.,” tambah Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. (ET)

https://www.beritaminang.com/berita/20738/tari-massal-karya-prof-indrayuda-fbs-unp-tampil-pada-pembukaan-penas-ktna-di-sumbar.html

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga