Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Tasyakuran Kandang Kambing/Domba BUM-RT 19 Lempake, Wawali Rusmadi: Terus Kami Dukung & Jadi Pilot Project RT se-Samarinda

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SAMARINDA. Geliat perekonomian mandiri, kembali muncul di Samarinda Utara. Tepatnya di Kelurahan Lempake. Setelah sebelumnya didaulat menjadi perintis Badan Usaha Milik RT (BUM-RT) se–Kota Samarinda, BUM RT Barokah Mandiri 19 Kelurahan Lempake, memasuki tahap penting lainnya yakni tasyakuran kandang kambing domba yang terletak di Jl. Magelang Lempake Samarinda Utara.

Pemkot Samarinda menaruh perhatian serius pada program positif yang diinisiasi oleh warga ini.

Ketua RT 19 Kel. Lempake Adung KS Utomo, sekaligus pengawas BUM-RT menjelaskan bahwa lini usaha BUM RT ini adalah bentuk realisasi peluang peternakan kambing dan domba yang terbuka lebar. Apalagi diwilayah itu, usaha peternakan bukanlah hal yang baru.

Menariknya untuk menarik minat peternak muda, dipakai pola silase atau fermentasi yang melek teknologi.

“Dengan sentuhan teknologi, beberpa anak-muda sudah tertarik bergabung di BUM-RT ini,” katanya.

Menariknya, untuk melengkapi fasilitas sarana peternakannya, dimanfaatkan anggaran pro-bebaya.

“Dengan begitu juga anggaran itu akan lebih tepat sasaran dibidang pembinaan usaha,” ujarnya.

Sumber pendanaan selanjutnya datang dari swadaya warga termasuk dukungan Korem 09i/Ajisuryanatakesuma melalui mediatornya, Mayor Waluyo.

“Bantuannya berupa hibah material bongkaran renovasi bangunan di Korem 091,” sebutnya.

Sedangkan untuk ternaknya dilakukan pola investasi bagi hasil dengan pihak ke-3. Kini, kandang yang dikonsep berkapasitas 60 ekor itu, sudah terisi 26 ekor kambing/domba.

Adung berharap eksistensi BUM-RT 19 ini bisa semakin berkembang dan menjadi inspirasi bagi RT-RT lain untuk membuka peluang usaha sejenis.

“BUM RT 19 ini layak di apresiasi dan menjadi terobosan yang bukan biasa saja. Pemilihan komoditi ternak kambing & domba adalah membuka pengembangan peternakan lebih luas, selain lebih mewadahi peternak yang sebelumnya sudah eksis,” ucap Wawali Samarinda Rusmadi Wongso, dalam sambutannya di momen tasyakuran kandang Jumat (26/1) siang.

Ditambahkan, sudah pasti kehadiran BUM-RT 19 ini akan memicu lini usaha sejenis di wilayah Samarinda secara umum atau menjadi pilot project dengan menyesuaikan dengan potensi & kearifan lokal masing-masing.

“Tentu Pemkot Samarinda akan terus mendukung program BUM-RT ini. Karena selain bakal mengangkat taraf ekonomi, juga membuka peluang kerja bagi warga sekitar,” tambahnya.

Baca Juga:   Wawali Rusmadi: Membatik Penuh Nilai Keikhlasan, Kesabaran, Konsistensi & Pantang Menyerah

Diketahui, oleh Pemkot Samarinda, BUM-RT akan membuka peluang dan mendukung program penciptaan 10.000 wirausaha baru serta penyerapan tenaga kerja supaya menekan angka pengangguran dan mengurangi kemiskinan.

Khusus BUM-RT 19, adalah lini usaha mandiri yang dibentuk oleh pengurus RT 19 Kelurahan Lempake dengan susunan kepengurusan sebagai berikut, ketua dipercayakan pada Rosid Ahmadi. Sekretaris Anisa Nur Andriani, Bendahara Rizky Pratama. Sebagai anggota ada Dian Ramadhan, Ragil Sulaksono, dan Sugino.

Sedangkan diposisi pengawas, ditetapkan tokoh masyarakat seperti Adhi Abdhian, Euis Nurfarida, dan Adung KS Utomo. (admin)

artikel inin telah tayang di radarsamarinda.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga