Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Teknologi Hilirisasi Produk Tanaman Pangan,Ikut Meriahkan Gelar Teknologi PENAS XVI

ktnanasional.com SUMBAR-Padang, Teknologi Hilirisasi seperti perontok padi, Rice Milling Plant, pengering tenaga surya, dan Vertical Dryer dipamerkan di PENAS XVI.

Menteri Pertanian mengunjungi Gelar Percontohan Hilirisasi Produk Tanaman Pangan yang ditampilkan oleh Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan (PPHTP) pada acara Pekan Nasional (PENAS) ke-XVI Sabtu, 10 Juni 2023.

Sebanyak 40.000 pengunjung ditargetkan akan ikut berpartisipasi dalam gelaran PENAS kali ini.

Dalam kunjungannya, Menteri Pertanian yang didampingi jajaran Direktur Jenderal Tanaman Pangan disambut langsung oleh Direktur PPHTP, Batara Siagian, yang menjelaskan tentang teknologi-teknologi yang mendukung hilirisasi tanaman pangan.

Adapun teknologi tersebut meliputi Teknologi Pascapanen, Teknologi Pengolahan, dan Teknologi 4.0.

“Hilirisasi produk tanaman pangan diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah dan daya saing, serta memastikan Food Safety produk tanaman pangan”, ujar Direktur PPHTP.

Teknologi yang ditampilkan pada komoditas padi, yaitu perontok padi, Rice Milling Plant, pengering tenaga surya, dan Vertical Dryer.

Komoditas jagung meliputi perontok jagung, mesin penepung hammer mill, dan disk mill. Untuk komoditas Sorgum tersedia mesin penyosoh dan perontok sorgum, serta komoditas kedelai terdapat perontok kedelai dan pengupas kulit ari kedelai.

Tersedia pula teknologi pengolahan singkong yang memproses singkong menjadi keripik singkong, pengolahan tapioka, pengolahan sari kedelai, dan pemrosesan one processing tahu yang berbahan baku kedelai hingga menjadi tahu goreng yang hanya dilakukan selama 3 jam.

“Teknologi semakin canggih diharapkan dapat memunculkan inovasi-inovasi turunan produk yang lebih beragam lagi, sehingga pertanian semakin maju, mandiri, dan modern” sambung Menteri Pertanian.

Tak kalah menarik, Gelar Percontohan Hilirisasi Produk Tanaman Pangan yang dilangsungkan selama 10-15 Juni 2023 juga terdapat produk siap saji yang langsung dihidangkan secara gratis dari proses pengolahan kedelai dan singkong, seperti tahu goreng, keripik singkong, tempe lokal goreng, sari kedelai, dan penampilan chef yang pembuatan cake dari tepung sorgum yang menambah antusiasme pengunjung PENAS 2023.

Reporter : Humas Ditjen Tanaman Pangan
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga