Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Temu Penyuluh Pertanian, Bupati Banjar Berpesan Terus Beradaptasi Dengan Perkembangan Zaman

ktnanasional – KALIMANTAN SELATAN, MARTAPURA. Perkembangan informasi dan teknologi yang sangat pesat saat ini membuat zaman juga telah berubah. Oleh karena itu para penyuluh pertanian diharapkan bisa beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi. Penyuluhan harus mampu bertransformasi dan eksis dalam memberdayakan petani sesuai perkembangan zaman.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat Temu Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Banjar tahun 2023, di Jack Kolam Bincau Martapura, Kamis (28/12/2023) pagi.

Menurut Saidi Mansyur,  penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan dan sangat menentukan kualitas keberhasilan pembangunan pertanian.

“Penyuluh pertanian berperan besar dalam penyampaian informasi, percepatan inovasi teknologi serta pendampingan berbagai program pemerintah di tingkat lapangan. Oleh karena itu penyuluh harus dapat menjadi sarana konsolidasi bagi para petani tempat berkomunikasi dan tukar informasi, sehingga terjalin kemitraan sekaligus  untuk mempromosikan hasil pertanian di wilayah masing-masing,” harapnya.

Ditambahkannya, untuk memperlancar dan menunjang dalam pelaksanaan tugas penyuluh, ke depan Pemkab Banjar akan berusaha untuk memperhatikan dan memperbaiki fasilitas sarana prasarananya yang tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kinerja.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Nasrullah mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk melakukan evaluasi terhadap para penyuluh pertanian sekaligus ajang pertemuan dengan Bupati Banjar terkait saran dan masukan para penyuluh untuk perkembangan pertanian dimasa depan.

Evaluasi ini lanjutnya akan menjadi bahan perbaikan dan motivasi bagi para penyuluh khususnya pelaksanaan penyuluhan pertanian tahun 2024.

“Bupati inginkan mereka semakin berkembang dan kehadirannya mampu pula dirasakan manfaatnya oleh para petani dan masyarakat. Nantinya pembangunan pertanian dapat disinkronkan dalam berbagai wilayah, sehingga pembangunan pertanian di Kabupaten Banjar dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Pada akhir acara Bupati Banjar didampingi wakilnya menyerahkan tali asih kepada sejumlah penyuluh yang purna tugas sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga