Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Temui Walikota Samarinda, Kelompok Tani Nelayan Andalan Berikan Susu Kambing Murni Hasil Produksi Kader Binaan

ktnanasional – SAMARINDA. Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Samarinda bertemu Wali Kota Dr H Andi Harun. Pertemuan berlangsung di ruang Rapat Wali Kota lantai II gedung Balaikota Samarinda, Kamis (07/12/2023) sore.

Dalam pertemuan ini, KTNA Kota Samarinda melaporkan program mereka yang telah bersinergi dengan program unggulan Probebaya melalui BUM-RT dengan mengelola ternak Kambing Domba dan juga program 10.000 wira usaha baru yang salah satunya adalah memproduksi “Susu Kambing Murni”.

Tim KTNA Kota Samarinda juga menyampaikan program dan kegiatan yang telah teragenda sepanjang tahun 2024 serta beberapa even tingkat provinsi dan tingkat nasional yang akan diikuti pada tahun 2024 hingga 2026.

Menanggapi apa yang disampaikan KTNA Kota Samarinda, Andi Harun menyambut baik dan memberikan apresiasi. Ia juga menegaskan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan selalu siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan oleh KTNA dalam menjalankan berbagai program dan kegiatannya.

Terlebih lagi lanjut Andi Harun, KTNA harus bisa memberdayakan banyak petani dan nelayan lokal dalam menghasilkan produk lokal dari pertanian dan perikanan atau perternakan. Diharapkan, KTNA selalu berkoordinasi dengan Pemkot Samarinda melalui OPD terkait sepert Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan dan lainnya.

Andi Harun juga mengharapkan, KTNA tidak hanya membina petani dan nelayan untuk meningkatkan hasil panennya, tapi juga mampu mengembangkan hasil panen tersebut menjadi bahan olahan lain dan memproduksinya, sehingga tercipta peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang semakin luas, yang tentunya akan meningkatkan kesejahteraan para petani, nelayan dan para pengusaha serta pekerjanya.

Selain giat dalam melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, Pemkot Samarinda juga berusaha meningkatkan produksi pangan lokal. Hal tersebut menurut Andi Harun bertujuan agar Samarinda bisa mengurangi ketergantungan pasokan pangan dari luar daerah. Salah satu caranya adalah dengan memperluas lahan-lahan pertanian melalui pemanfaatan lahan bekas tambang.

Begitu pula dengan program penanaman 10.000 bibit cabai yang disalurkan melalui Probebaya, kemudian ada pula melalui program dibawah Perumda Varia Niaga yang terus berupaya meningkatkan produksi dan ketahanan pangan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memberdayakan petani lokal untuk menanam bahan baku pakan ternak, seperti jagung dan sorgum.

Turut mendampingi Wali Kota dalam pertemuan dengan KTNA Kota Samarinda ini, Kepala DInas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda, Drs H Muhammad Darham M Si dan Ketua TWAP H Syaparudin SSos.

Diakhir pertemuan, perwakilan KTNA Kota Samarinda menyerahkan produk Susu Kambing Murni yang dihasilkan oleh salah satu kader binaan mereka dari peternakan yang dimilikinya. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga