Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

UI Bantu Kembangkan Organic Urban Farming di Depok, Ini yang Dilakukan

ktnanasional.com – DEPOK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) melaksanakan kegiatan program pengabdian masyarakat bertema ‘Pengembangan Organic Urban Farming Komunitas Ibu Hebat Depok’, di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok

Ketua tim pengabdian masyarakat, Sri Rahayu Hijrah Hati mengatakan, pemilihan Sawangan Baru, dikarenakan pada wilayah yang terdiri atas 49 RT dan 10 RW tersebut, telah terbentuk sebuah komunitas pengembangan lingkungan dan bisnis masyarakat yang bernama Komunitas Ibu Hebat.

Komunitas Ibu Hebat dikenal aktif di berbagai kegiatan, seperti pembuatan aneka keripik, siomay, kue kering, pupuk kompos, hingga organic urban farming.

“Organic urban farming, komunitas ini menemui kendala meningkatkan produktivitas. Hal ini terjadi akibat minimnya pengetahuan mengenai pertanian dan kurangnya pendanaan untuk memperoleh benih sayur berkualitas,” ujar Sri Rahayu.

Penyerahan benih tanaman dihadiri oleh Sekretaris Kelurahan Sawangan Baru Reza Tanzila, Ketua RW8 Sawangan Baru, dan Ketua RT 003 Sawangan Baru, serta para anggota Komunitas Ibu Hebat.

“Pertanian organik di perkotaan juga selaras dengan program net zero emission di Indonesia,” ujar Sri Rahayu.

Sri Rahayu menjelaskan, organic urban farming memiliki manfaat ekologis untuk menciptakan ruang hijau di wilayah padat penduduk serta menjamin ketahanan bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan tidak merusak lingkungan.

“Dari segi sosial dan ekonomi, kegiatan ini mendukung Komunitas Ibu Hebat untuk senantiasa mengembangkan dan memberdayakan perempuan agar mampu berdikari secara mandiri, membantu kondisi keuangan keluarga melalui peningkatan jumlah panen dan pendapatannya,” terang Sri Rah ayu                 .

Pelatihan bagi Komunitas Ibu Hebat juga akan dilaksanakan untuk membantu memasarkan produk buatan mereka secara efektif dan tepat sasaran.

“Semoga kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi akan ekspansif, berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua,” tutur Sri Rahayu. (radardepok)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga