Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Uji Kompetensi Keahlian SMK oleh Penyuluh Pertanian Swadaya

ktnanasional.com – RIAU Rokan Hilir.  Selaku Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS), Alkahfi Sutikno selalu dikutsertakan dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMKN 1 Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir sebagai Penguji Eksternal pada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Uji Kompetensi Keahlian merupakan salah satu mata ujian akhir untuk Keahlian yang bakal dipergunakan setelah tamat dari SMK, sehingga termasuk salah satu persyaratan kelulusan para siswa.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan langkah penjaminan mutu pendidikan dan kompetensi pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang berbentuk ujian praktik kejuruan wajib yang digunakan untuk mengukur kompetensi siswa selama menempuh pendidikan kejuruan sesuai bidang yang telah dipilih.

Tamatan SMK khususnya jurusan ATPH adalah calon calon penerus petani untuk masa akan datang.  Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) yang sudah memiliki keahlian khusus dibidang pertanian sangatlah cocok sebagai Penguji Eksternal. Sekaligus mengkolaborasikan antara teori yg didapat para siswa dengan realisasi di lapangan. Para siswa perlu dibekali dengan kegiatan nyata dilapangan agar bisa menjadi bekal mereka.

Keikutsertaan Penyuluh Pertanian Swadaya sebagai penguji merupakan suatu penghargaan untuk ikut menentukan mutu dari calon petani milineal. Petani Milineal saat ini sudah dituntut untuk dapat melakukan pertanian presisi dan digital farming atau Pertanian 4.0.

Ayo motivasi para generasi milineal untuk cinta dan bangga menjadi petani (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga