Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Unjuk Prestasi, Siswa SMKPP Kementan Tembus Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

ktnanasional.com – BANJARBARU.  Untuk mencetak SDM Pertanian yang unggul dan berdaya saing, Kementerian Pertanian terus melakukan gebrakan. Kementan mendorong melalui pendidikan vokasi yang juga menjadi kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian, generasi muda mempunyai peran penting.

“Karena, untuk melanjutkan pembangunan di sektor pertanian dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Dan tentunya itu bisa didapatkan dari bangku pendidikan vokasi,” kata Syahrul.

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi, bahwa pendidikan vokasi pertanian akan menghasilkan job creator yang membuka lapangan kerja dan job seeker yang siap kerja di seluruh lini pertanian.

“Masa depan pembangunan pertanian di pundak generasi milenial, yang harus diperkuat keilmuannya. Salah satu unsur penting pendidikan vokasi adalah peralatan praktik yang cukup dan memadai,” ujar Dedi.

Dedi menambahkan SMKPPN adalah pilar pendidikan untuk menghasilkan lulusan profesional, berdaya saing, entrepreneur.

“Kenapa harus menghasilkan SDM profesional, berdaya saing dan berjiwa entrepreneur? Pertanian dahulu cenderung berupa kewajiban, keterpaksaan, kebiasaan. Pertanian modern seperti saat ini adalah kegiatan bisnis, itulah esensi pertanian masa kini dan akan datang,” katanya.

SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan), terus berupaya menciptakan siswa yang berkualitas secara praktek dan teori. Salah satunya memfasilitasi siswanya untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, diantaranya ke Perguruan Tinggi dan ke Politeknik.

Adapun di 2023 ini terdapat beberapa siswa yang mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan seleksi ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dari Kementan.

Untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi di Perguruan Tinggi Negeri di 2023 ini terdapat 3 siswa kelas XII dari Agribisnis Tanaman Pengolahan Hasil Pertanian Tahun Pelajaran 2022/2023, yang berhasil lulus dalam seleksi ini.

Adapun ketiga siswa itu diterima di Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan. 3 siswa tersebut diantaranya Alya Ramadhani Yunda Lulus pada Program Studi Peternakan, Ira Lulus pada Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, terakhir Nahdlatur Rahmah Lulus pada Program Studi Proteksi Tanaman.

Selain itu, terdapat 11 siswa yang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Polbangtan Yogyakarta – Magelang, serta di Polbangtan Malang melalui daring Selasa, (4/4/2023). Ke-11 siswa itu merupakan siswa kelas XII dari Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Tanaman Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Agribisnis Tanaman Pengolahan Hasil Pertanian.

Menanggapi hal di atas, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan,

“Selamat kepada ketiga siswa mendapatkan kesempatan kuliah di PTN. Selain itu kepada siswa yang melanjutkan kuliah, kedepannya pada saat kuliah bisa sambil berwirausaha dalam bidang pertanian, dan setelah lulus dapat menjadi generasi muda di bidang pertanian”,jelas Budi. (*)

BPPSDMP Kementan RI

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga