Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Untuk Memacu Produksi, KTNA Apresiasi Pemerintah Permudah Penyaluran Pupuk Subsidi

ktnanasional – JAKARTA. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) mengimbau para petani Indonesia supaya mengejar tanam di musim penghujan bulan ini. Hal ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan tanam di periode Oktober-Desember 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KTNA Indonesia, HM Yadi Sofyan Noor, Senin (8/1) di sela bincang tipis-tipis dipandu host Erman Tale Daulay. Kata dia, karena masih terkena el nino, periode Januari-Maret 2024 atau periode tanam tinggal sisa 3 bulan.

“Ayo, kejar tanam semua supaya semua sawah kita paling tidak 463 ribu hektare itu bisa tertanami di musim hujan sekarang,” jelasnya.

Lanjut Sofyan, target di Januari sampai Maret 2024 paling tidak ada 2 atau 2,5 juta se-Indonesia bisa bertanam. Terkait dengan pupuk, ia menyakinkan para petani tidak perlu ragu. Pasalnya, Menteri Pertanian hingga Presiden Jokowi sudah berkomitmen pupuk subsidi disalurkan bagi para petani.

“Sejauh ini stok pupuk di awal tahun ini 1.700 ton. Artinya, berdasarkan data ini cukup untuk pertanaman Januari-Maret 2024,” ucapnya.

Untuk mendapatkan pupuk subsidi, ia juga menegaskan, Menteri Pertanian sudah mempermudah petani dari tahun sebelumnya. Misalnya, penebusan menggunakan KTP bagi para petani yang tidak atau belum menggunakan kartu tani.

“Bagi kartu tani yang sudah bagus berjalan selama ini silahkan digunakan seperti biasa. Kalau kartunya rusak, segera laporkan dan pihak bank akan menggantinya. Tapi bagi petani yang belum ada kartu tani jangan khawatir, bisa menggunakan KTP untuk penebusan,” ucapnya.

Kemudian bagi petani-petani yang dulu itu harus perorang untuk menebusnya karena memang di situ ada by name, by address, by NIK, sekarang dipermudah, boleh kelompok, boleh diwakili, tinggal surat kuasa disiapkan.

Disampaikan juga para sahabat petani yang bernaung di bawah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) kalau selama ini belum bisa mengakses pupuk subsidi, oleh Menteri pertanian sudah dipermudah, sudah di ACC juga dari presiden untuk nanti bisa mengunakan pupuk subsidi bagi sahabat petani yang bernaung di LMDH.

“Ayo semua petani yang di LMDH daftarkan ke kelompok tani, masuk diusulan RPKK tentu terdaftar di simultan kita itu. Temui penyuluh, temui petugas dinas supaya masuk di kelompok taninya,” ujarnya.

“Mari kita berjuang sekarang, Menteri pertanian bersama presiden dan semuanya berjuang untuk semua para petani kita ini bisa mendapatkan, mengakses pupuk subsidi. Terus kemudian di daerah-daerah yang tidak terjangkau internet tidak apa-apa langsung gunakan KTP,” sambungnya.

Beberapa hari lalu Presiden Jokowi sudah menyetujui anggarapn untuk pupuk subsidi di 2024 ini adalah Rp 14 triliun. Artinya, perhatian pemerintah untuk mensuplay pupuk subsidi insya Allah berjalan dengan baik.

“Jadi tentu kami sampaikan bapak ibu semua sahabat petani, silahkan digunakan yang ada sekarang dan bapak ibu kepala dinas mohon bantuannya bantu sosialisasikan kepada para petani kita, gunakan pupuk yang ada sekarang. Jadi seharusnya pupuk sibsidi kita itu cukup,” imbaunya.

Ia juga menyampaikan kepada rekan, sahabat semua para anggota KP3, mohon bantuannya untuk pupuk sibsidi ini dikawal, diawasi supaya tepat sasaran.

“Bagi aparat penegak hukum mohon bantuannya juga mengawasi bersama-sama terkait dengan distribusi pupuk subsidi kita, sehingga tepat sasaran,” pungkasnya. (admin)

artikel ini telah tayang di analisadayli.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga