Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Urban Farming Solusi Pemulihan Ekonomi ala Kelompok Tani Sauyunan Arcamanik

ktnanasional.com – BANDUNG. Apresiasi Satu Indonesia Award merupakan program social dari Astra yang mendukung upaya problem solving di berbagai daerah di Indonesia dengan memaksimalkan potensi yang ada. Termasuk di wilayah pertanian.

Hingga Vania dan Galih terpilih menjadi salah satu penerima Apresiasi Satu Indonesia Award dari Astra yang mewujudkan Seni Tani .

Seni Tani adalah urban farming social enterprises istilah keren untuk usaha pertanian urban, yang diwujudkan dua orang muda 28 tahunan, Vania dan Galih di daerah Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung Utara.

Berawal sejak November 2020 sekarang ada 680 m2 lahan tidur yang dimanfaatkan menjadi kebun sayur. Dalam waktu 1 tahun terakhir, Seni Tani menghasilkan sayur lebih dari 150 kg.

Paling menggiurkan hasil panen didistribusikan melalui Kelompok Tani Sauyunan dengan sistem CSA, Community Supported Agriculture.  Artinya anggota kelompok ini yang berjumlah 24 orang membayar di awal bulan sebelum benih sayur ditanam.

Dengan demikian petani urban mendapat kepastian, advance payment sebelum panen. Lahan tanam Seni Tani saat ini terbagi dua. Separuh berfungsi sebagai kebun komunal untuk 97 anggota yang aktif berkebun bersama. Separuh lagi dikerjakan oleh 2 orang pemuda setempat yang menjadi petani urban dengan pendapatan tetap.

Aktifitas yang dimulai di tengah pandemic Covid memang dimaksudkan sebagai jawaban terhadap situasi ekonomi yang melambat. Inisiatif ini untuk memberi ide penciptaan lapangan kerja serta mewujudkan ketahanan pangan. Seni Tani berawal dari kejelian anak-anak muda ini melihat banyaknya lahan tidur milik Pemkot Bandung.  Mereka membuktikan bahwa untuk memulai berkebun tidak harus selalu memerlukan satu lahan yang luas, bahkan dengan lahan berukuran 1×1 meter pun orang sudah bisa membuat kitchen garden. (admin)

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga