Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Urusan Pangan Jadi Atensi Khusus Kementerian Pertahanan

ktnanasional – JAKARTA. Menteri Pertahanan RI dan Presiden terpilih dalam Pemilu 2024, Prabowo Subianto, fokus pada pengembangan sektor pertanian. Dia telah menugaskan timnya untuk bekerja sama dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, guna memperkuat ketahanan pangan.

Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra saat menghadiri nota kesepahaman Kementan dan Polri dalam memperkuat ketahanan pangan yang dihadiri jajaran Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI di Auditorium Utama Kementan,menyampaikan bahwa Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan, sangat memperhatikan masalah pangan,

“Saya sebelum datang kesini lapor Pak Menhan (Prabowo) dan beliau salam buat Pak Mentan karena pangan menjadi atensi beliau. Beliau juga mengatakan pertanian saat ini luar biasa. Terbukti kami di-BKO kan ke pertanian dengan terus turun ke lapangan,” ujar Herindra, Kamis (25/04).

Herindra menyatakan bahwa mencapai swasembada pangan adalah suatu keharusan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai negara terkemuka di dunia.

Salah satu langkah untuk mencapainya adalah melalui program food estate serta upaya cepat seperti pompanisasi dan optimalisasi lahan yang dijalankan oleh Kementan.

Menurutnya, swasembada pangan merupakan kebijakan nasional yang harus diutamakan, dan Kementerian Pertahanan turut berperan aktif sebagai penggerak utama dalam sektor pertanian.

“Jadi kita sampaikan bahwa swasembada pangan adalah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu food estate masuk pada kebijakan nasional, Kemenhan sendiri secara aktif telah terlibat dengan menjadi lead pertanian,” katanya.

Herindra menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Menteri Pertahanan Prabowo dan tim dari Kementerian Pertahanan akan mengadakan rapat untuk membahas perkembangan sektor pertanian nasional. Mereka berharap program food estate yang sedang berjalan dapat memenuhi harapan masyarakat.

“Kami akan rapat dengan Pak Menhan dan melaporkan semua yang telah dilakukan Kementan. Prabowo sangat mengapresiasi upaya dari Mentan belakangan ini dalam masalah pangan. Kami yakin bisa bersama-sama mewujudkan visi yang sama untuk memperkuat ketahanan pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menekankan bahwa pertanian harus menjadi tanggung jawab bersama mengingat banyak negara di dunia mengalami kelaparan. Lebih dari 900 juta penduduk dunia kelaparan, dan 7-16 persen penduduk Indonesia rentan terhadap kelaparan.

“Kita khawatirkan ancaman kekeringan dan fenomena El Nino yang dapat menghentikan tanaman secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kami memberikan subsidi pupuk secara lebih. Food estate menjadi strategis untuk generasi mendatang, karena penduduk terus bertambah,” jelasnya. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga