Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Usai Magang Pertanian Jepang, Gunawan Suseno Sukses Bangun Usaha Beras Pink

ktnanasional.com -BOJONEGORO. Dalam sebuah upacara penuh semangat dan kebersamaan, Ikatan Alumni Magang Pertanian Jepang (IKAMAJA) Provinsi Jawa Timur sukses menggelar Jamboree di Desa Krangkong, Kecamatan Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Acara yang digelar sejak 3 Oktober hingga 4 Oktober 2023 ini mengangkat tema “Membangun Kebersamaan Meraih Masa Depan Menuju Swasembada Pertanian.”

Salah satu peserta yang mencuri perhatian adalah Gunawan Suseno, seorang putra asli Ponorogo yang setelah menyelesaikan magang pertanian di Jepang, memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan membangun pondok pesantren. Namun, perjalanan Gunawan tidak berhenti di situ. Dalam perjalanannya untuk mengembangkan pondok pesantren, dia juga memulai produksi beras pink yang unik.

Menurut Gunawan Suseno, beras pink ini memiliki genetika unik yang membuatnya memiliki warna pink yang khas. Ia menjelaskan dengan penuh semangat bahwa beras pink ini adalah buah dari upaya kerasnya dalam menggabungkan pengetahuan yang diperoleh selama magang di Jepang dengan warisan pertanian keluarganya. Hasilnya adalah sebuah produk pertanian yang istimewa dan semakin mendapat perhatian.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang saya dapatkan selama magang di Jepang. Pengalaman tersebut membuka mata saya akan beragam teknik pertanian modern yang bisa diterapkan di Indonesia. Dengan latar belakang keluarga yang berkecimpung dalam dunia pertanian dan pesantren, saya merasa memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi pada pembangunan pertanian di tanah air,” ujar Gunawan Suseno dengan penuh semangat.

Beras pink buatan Gunawan Suseno telah menjadi bukti nyata bahwa semangat dan pengetahuan yang diperoleh melalui magang pertanian dapat memberikan manfaat besar bagi pertanian di Indonesia. Produk unik ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat setempat, tetapi juga mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Ketua IKAMAJA Jawa Timur, dalam sambutannya, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi dan semangat wirausaha seperti Gunawan Suseno. “Kami bangga melihat bagaimana alumni magang pertanian Jepang seperti Gunawan dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di luar negeri untuk memajukan pertanian di Indonesia. Ini adalah contoh nyata bahwa kolaborasi dan semangat kebersamaan dapat membawa perubahan positif,” ujar Ketua IKAMAJA.

Dengan semangat seperti ini, diharapkan bahwa Indonesia akan semakin mendekat menuju swasembada pertanian yang menjadi tujuan utama negara ini. Jamboree IKAMAJA Provinsi Jawa Timur kali ini adalah bukti nyata bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan visi tersebut.

Semangat berbagi ilmu dan pengalaman seperti yang ditunjukkan oleh Gunawan Suseno adalah kunci kesuksesan dalam mencapai swasembada pertanian, dan itu adalah perjalanan yang kita semua dapat lakukan bersama. Mari bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah bagi pertanian Indonesia. (admin)

artikel telah tayang di madu.tv

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga