Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Vaksinasi Hewan Ternak di Zona Merah Antraks Gunungkidul Dipastikan Selesai

ktnanasional.com – DIY, GUNUNG KIDUL. Vaksinasi hewan ternak di zona merah antraks Gunungkidul telah diselesaikan oleh petugas dari dinas peternakan dan kesehatan hewan setempat.

Kabid Kesehatan Hewan DPKH Gunungkidul Retno Widiastuti mengatakan vaksinasi antraks terhadap hewan ternak di Padukuhan Jati, Candirejo ini telah berlangsung sejak Juni 2023.

Vaksinasi terhadap hewan ternak ini juga dilakukan di zona kuning yakni di wilayah perbatasan dengan Padukuhan Jati.

“Vaksinasi di zona merah dan zona kuning telah selesai, baik untuk ternak sapi maupun kambing,” katanya dikutip dari Antara, Jumat (18/8).

Adapun untuk proses vaksinasi ini terlebih dahulu dengan penyuntikan antibiotik. Setelah dilakukan penyuntikan antibiotik, kemudian diberikan jeda.

“Pemberian vaksinasi ada jeda dua minggu setelah pemberian antibiotik. Ternak juga dalam kondisi tidak sedang bunting maupun sakit,” tuturnya.

Retno mengungkapkan vaksinasi ini telah menyasar sebanyak dua ribu ekor ternak. Seluruh ternak di zona merah dan kuning pun telah mendapatkannya.

Dia menyampaikan untuk stok vaksin saat ini masih aman karena belum lama telah mendapat bantuan sebanyak 11.107 dosis dari Kementerian Pertanian.

Retno mengatakan vaksinasi antraks untuk hewan ternak ini akan kembali diulang setiap enam bulan selama 10 tahun.

“Saat ini sudah tidak ada laporan hewan ternak yang mati mendadak,” ucapnya. (admin)

Artikel telah tayang di jogja.genpi.co 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga