Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Wagub Edy Pratowo Resmi Buka PEDA KTNA XIII Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023

ktnanasional – KALIMANTAN TENGAH, SUKAMARA. Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo resmi membuka Pekan Daerah Kontak Tani-Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023 di Taman Permata Sukma, Kabupaten Sukamara, Senin, 20 November 2023.

Pembukaan PEDA KTNA yang akan berlangsung sampai tanggal 24 November tersebut ditandai secara simbolis dengan pemukulan Gong oleh Wagub. Hadir mendampingi Wagub dalam acara ini, Ibu Nunu Andriani Edy Pratowo.

Kegiatan yang diikuti kontingen dari 14 Kabupaten/Kota ini mengusung tema “Memantapkan Potensi Komoditas Unggulan Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Kalteng Semakin Berkah”.

Selaras dengan tema itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Wagub berharap penyelenggaraan PEDA ini dapat membangkitkan kembali semangat, tanggung jawab, dan kemandirian petani Kalteng dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

“Kehadiran tokoh-tokoh petani, nelayan, dan kontak tani-nelayan, serta penyuluh pertanian diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada petani-nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam,” ujar Wagub Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Sugianto Sabran.

Lebih lanjut, Wagub menyampaikan sejumlah keberhasilan yang telah dicapai dalam bidang pertanian di Kalteng, antara lain inflasi tetap terkendali dan lebih rendah dari capaian inflasi nasional, Program Nasional Food Estate yang terus diupayakan mendukung pertumbuhan Indeks Pertanaman (IP) dan ekonomi petani, serta tercapainya Zero Green penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pada kesempatan ini, Wagub menyampaikan beberapa poin arahan, khususnya bagi Bupati, Penjabat (Pj.) Bupati, dan Pj. Wali Kota. Poin-poin arahan tersebut, meliputi memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 serta meminimalisir terjadinya konflik horizontal. Sedangkan Aparatur Sipil Negara (ASN), diminta netralitas.

Selanjutnya, para Kepala Daerah diminta mengintensifkan kerja sama dan koordinasi seluruh stakeholders dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng terkait dukungan investasi, percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, penanganan inflasi, dan sinergi pembangunan dengan Program Strategis Pemprov Kalteng.

Selain itu, para Kepala Daerah di Kabupaten/Kota diminta untuk berinovasi mengoptimalkan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD). Para Kepala Daerah juga diminta memberdayakan masyarakat dengan program-program inovatif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hadir pula dalam acara kali ini, antara lain Ketua Umum KTNA Nasional H.M. Yadi Sofyan Noor, Penjabat (Pj.) Bupati Sukamara Kaspinor beserta jajaran dan Forkopimda setempat, Kepala Dinas TPHP Provinsi Sunarti, Instansi Vertikal terkait, Ketua dan Pengurus KTNA/PERHIPTANI, serta Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Swadaya Kabupaten/Kota se- Kalteng.

Sementara itu, Senin (20/11/2023) malam nanti, rencananya akan digelar Pengukuhan Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Se-Kalteng Tahun 2023. Kegiatan ini dirangkai dengan Rapat Kerja Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PERHIPTANI Se-Kalteng. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga