Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Wujudkan Sumba Timur Jadi Lumbung Pangan, Pemkab Target Lahan Kering Empat Kali Panen Padi

ktnanasional – NTT, SUMBA TIMUR. Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Dinas Pertanian dan Pangan berupaya maksimal agar areal persawahan yang dekat dengan potensi sumber air dapat penen maksimal empat kali dalam setahun.

Dua hal penting yang dilakukan berupa melakukan perluasan areal tanam, dan peningkatan produksi pertanian. Terurama di areal persawahan irigasi yang biasanya maksimal dua kali panen dalam setahun maupun sawah tadah hujan yang biasanya hanya satu kali panen dalam setahun.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, Nicolas Pandarangga  kepada POS-KUPANG.COM, Senin 15 April 2024.

Nico Pandarangga mengatakan panen padi empat kali dalam setahun sudah dilakukan oleh 15 kelompok tani di Desa Patawang, Kecamatan Umalulu, yang menggunakan sistem pompanisasi dengan memanfaatkan air dari satu unit sumur bor dan 50 mesin pompa.

“15 kelompok tani telah bekerja optimal menggunakan pompanisasi atas kerjasama dengan TNI-AD dalam hal ini Kodim 1601/Sumba Timur dan hasilnya telah panen dalam musim tanam ketiga, dan apabila dioptimalkan maka bisa panen untuk keempat kalinya tentunya kami sangat mengucap syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesempatan kepada para petani agar dapat melakukan tanam hingga panen hasil produksi pertanian,” ungkap Nico.

Kedepannya, Program Optimalisasi Lahan Kering dan Lahan Tadah Hujan dan Program Pompanisasi kerjasama antara Kementerian Pertanian dan TNI-AD di Kabupaten Sumba Timur akan terus berlanjut dan merata sehingga mampu mewujudkan Sumba Timur sebagai Lumbung Pangan daerah.

Dinas Pertanian juga menggandeng TNI-AD dalam hal ini Babinsa untuk mendata lahan pertanian yang punya potensi sumber air.

Kondisi ini bisa dioptimalkan sebagai lahan produktif yang menjadi sumber ketahanan pangan masyarakat setempat. (admin)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com 

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga